Sukses


Terus Dikritik Pebalap MotoGP, Ini Respons Michelin

Bola.com, Paris - Setelah tujuh tahun lamanya, Michelin akhirnya kembali menyemarakkan balapan MotoGP 2016 dengan menjadi pemasok tunggal ban untuk seluruh rider.

Namun comeback produsen ban asal Prancis itu belum mampu memuaskan para pebalap. Mayoritas rider menyoroti masalah daya cengkeram ban.

Apalagi pada sesi uji coba yang dilakukan di Sirkuit Jerez dan Valencia lalu, sejumlah pebalap seperti Marc Marquez dan Dani Pedrosa mengalami crash. Rider sekelas Valentino Rossi pun mengeluhkan performa motornya yang kurang oke sejak dipasangi ban Michelin.

Teknisi Michelin, Nicola Goubert, mengakui hal tersebut masih menjadi pekerjaan rumah bagi timnya untuk mencari solusi dari masalah-masalah tersebut.

"Dalam tes itu, terutama di Valencia, sesuatu menjadi sangat jelas terlihat. Para pebalap melaporkan adanya perbedaan kinerja antara bagian depan dengan belakang ban. Konsep dasar terganggu," kata Goubert seperti dikutip Sport Rider, Senin (4/1/2016).

"Jadi kami harus menciptakan keseimbangan itu. Mulai dari set-up motor, kinerja ban depan dan belakang hingga gaya membalap para rider," lanjutnya.

Goubert juga mengatakan pihaknya membutuhkan peran dari setiap rider untuk bisa mengatasi masalah Michelin.

"Kami jelas tidak senang dengan sejumlah kecelakaan. Analisis mengatakan kami memerlukan hal berbeda. Para pebalap bisa belajar dari pengalaman. Hasil buruk kadang bisa menjadi pelajaran yang baik," kata Goubert.

Video Populer

Foto Populer