Sukses


Harapan Sang Bunda pada Hari Ulang Tahun Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, terancam batal tampil di Formula 1 musim 2016. Masalah dana yang selama ini jadi penghalang masih belum ditemukan jalan keluarnya.

Rio sudah mendapat tawaran satu kursi dari tim Manor Racing. Untuk mengamankannya, dia wajib menyetor uang sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp 225 miliar.

Pertamina sudah menyediakan dana sebesar 5,2 juta euro untuk Rio, sedangkan sisanya akan dibantu dicarikan oleh pemerintah.

Namun, sampai saat ini dana yang dinantikan tak juga terkumpul. Padahal, pada 12 Januari, Manor Racing sudah mengirim surat peringatan kepada manajemen Rio, Kiky Sport, yang isinya meminta pembayaran uang muka sebesar 3 juta euro segera dilakukan pada pekan ini.

Secara logika, Rio seharusnya sudah bisa melunasi uang muka tersebut lewat dana dari Pertamina. Namun, Pertamina enggan mencairkan dana yang dijanjikan sampai pihak Rio mendapatkan sisa dana yang diperlukan.

Pemerintah lewat Kemenpora dan Kementerian BUMN sudah berusaha mencari tambahan dana dengan mengumpulkan perusahaan BUMN dan BUMS dalam acara penggalanan dana. Setelah sempat tertunda karena insiden teror bom Sarinah, acara penggalangan dana yang sedianya digelar Kamis (21/1/2016) kembali dibatalkan. Kemenpora beralasan perusahaan yang datang hanya sedikit sehingga dikhawatirkan hasilnya tak maksimal.

Kemenpora dan Kementerian BUMN akhirnya memutuskan cara lain untuk mencari dana buat Rio, yaitu dengan model door to door. Rio dan manajemennya diminta langsung mendatangi perusahaan BUMN dan BUMS yang terdaftar di Kementerian BUMN untuk melakukan presentasi.

"Kami tidak lepas tangan. Kementerian BUMN akan tetap memberikan panduan kepada Rio dan manajemen supaya paparannya tepat sasaran," kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto.

Di sisi lain, Kemenpora juga meminta manajemen Rio tetap berkomunikasi dengan Manor Racing untuk meminta perpanjangan tenggat waktu pembayaran.

"Ibunda Rio (Indah Pennywati) mengatakan bisa diundur, tapi jangan terlalu lama. Maksimal pekan depan, karena jika dana tak terkumpul kursi Rio bisa diambil pebalap lain. Kans Rio masih ada meski semua pihak harus kerja keras. Ini momen kritis. Semoga semuanya berjalan lancar karena ini menjadi mimpi kita semua," ujar Gatot.

Pada Jumat (22/1/2016), Rio merayakan ulang tahun ke-23. Indah berharap Rio bisa mendapatkan kado indah berupa kepastian membalap di F1.

"Kami berharap dana yang dibutuhkan segera terkumpul. Semoga segera ada kabar baik," kata Indah Pennywati, ibunda Rio Haryanto, kepada bola.com.

Video Populer

Foto Populer