Sukses


Pebalap Perempuan Pertama di Formula 1 Meninggal Dunia

Bola.com, Naples - Pebalap perempuan pertama yang terjun di ajang Grand Prix Formula 1 (F1), Maria Teresa de Filippis, meninggal dunia pada usia 89 tahun, Sabtu (10/1/2016) dini hari WIB.

Perempuan asal Italia tersebut tiga kali mengikuti Grand Prix bersama tim Maserati pada 1958. Menurut situs resmi F1, hasil terbaik yang ditorehkannya adalah finis di urutan ke-10 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia.

Seharusnya dia bisa mencatat lima kali start jika tak gagal terkualifikasi di Grand Prix Monaco pada 1958 dan 1959 (bersama tim Behra-Porsche). Dia kemudian meninggalkan olahraga balapan jet darat itu setelah bos tim Behra-Porsche, Jean Behra, meninggal setahun berikutnya.

Perempuan kelahiran Naples, Italia, tersebut memulai balapan gara-gara sebuah taruhan dengan saudara lelakinya. Sang saudara menyebut De Fillippis tak mungkin bisa memacu mobil dengan kencang. Namun, hasilnya sungguh di luar dugaan. De Fillippis malah berhasil menjuarai event pertama dengan memacu mobil Fiat 500.

Dia kemudian menikmati kesuksesan di ajang balap mobil, sebelum mendapat kesempatan mencicipi balapan F1 di tim Maserati.

De Filippis kembali menggeluti olahraga balap mobil saat bergabung dengan Club Internationale des Anciens Pilotes de Grand Prix F1 sebagai presiden kehormatan. Dia juga menjadi pendiri Maserati Club.

Selain De Fillippis, hanya ada satu perempuan yang pernah mencicipi Grand Prix F1, yaitu Lella Lombardi. Pebalap yang juga berasal dari Italia tersebut mencatat 12 start di GP F1 pada periode 1974 hingga 1976.

 

Video Populer

Foto Populer