Sukses


3 Arti Penting Tes Pramusim di Sepang bagi Rossi

Bola.com, Bali - Para pebalap MotoGP bakal menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pekan depan, tepatnya pada 1-3 Februari 2016. Menurut rider asal Italia, Valentino Rossi, tes tersebut sangat krusial bagi dirinya dan tim Yamaha.

Tes pramusim 2016 memang sangat ditunggu-tunggu mengingat pebalap dan tim harus beradaptasi dengan berbagai perubahan aturan, khususnya penggunaan sistem elektronika baru dan ban Michelin. Yamaha termasuk satu di antara tim besar yang kerepotan dengan aturan-aturan baru tersebut.

Tak heran, The Doctor sangat serius menyambut tes pramusim di Sirkuit Sepang. Menurutnya, tes tersebut memiliki tiga arti penting menjelang bergulirnya balapan MotoGP musim 2016, pada 20 Maret.

“Kami akan menjalani tes pramusim di Sepang pada pekan depan. Bagi saya, tes itu penting untuk mengetahui level kami, mengukur performa motor, dan mempersiapkan motor untuk menghadapi balapan pertama,” kata Rossi, di sela-sela peluncuran produk baru Yamaha, di The Mulia Resort, Bali, Selasa (26/1/2016).

“Persiapan kami belum 100 persen. Saat ini baru 90 persen,” imbuhnya.

Karakteristik dan kondisi Sirkuit Sepang diakui Rossi bakal menjadi tantangan berat bagi para pebalap pada tes pramusim pekan depan.  “Tes di Sepang bakal berat. Di sana sangat panas,” kata pemegang sembilan gelar juara dunia tersebut.

Musim lalu, Rossi gagal juara meskipun terus memimpin hingga menjelang balapan terakhir di Valencia, Spanyol. Insiden clash dengan Marc Marquez di Sirkuit Sepang menjadi pemicu melayangnya gelar yang sudah ada di depan mata.

Valentino Rossi dihukum tiga poin penalti akibat senggolan dengan Marquez, sehingga harus start dari posisi paling belakang di Valencia. Buntutnya, Rossi gagal mempertahankan keunggulan atas rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Gelar juara dunia MotoGP 2015 akhirnya menjadi milik Lorenzo yang unggul lima poin atas Rossi di klasemen akhir pebalap.

Video Populer

Foto Populer