Sukses


Rio Haryanto Siap Bayar Uang Muka, Mimpi ke F1 Terealisasi?

Bola.com, Jakarta - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto masih mengumpulkan dana sebesar Rp 40 miliar supaya bisa bergabung bersama tim F1 Manor Marussia. Dana sebesar itu diminta Manor jika Rio ingin mewujudkan mimpinya berlaga di ajang F1 2016.

Saat ini, pebalap asal Solo itu baru mempunyai dana sebesar Rp 180 miliar dari total Rp 220 miliar yang diminta Manor. Rio berharap tim F1 asal Inggris tersebut tetap menerimanya sebagai salah satu driver, meski belum ada kepastian soal sisa uang kontrak yang mencapai Rp 40 miliar.

"Dana yang diminta Manor memang masih kurang. Tapi saya sangat berharap bisa masuk ke dalam tim dan bisa berlaga di F1. Manor berjanji mengumumkan dalam kurun waktu seminggu ke depan, apakah saya masuk tim atau tidak," ucap Rio di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Rabu (27/1/2016).

Uang sebesar Rp 180 miliar didapat Rio dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga Indonesia melalui Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) dan Pertamina sebagai sponsor. Dalam rinciannya, Kemenpora melalui KONI memberikan dana sebesar Rp 100 miliar, sedangkan Pertamina memberikan dana sebesar Rp 80 miliar.

"Dengan uang yang ada sekarang ini, saya dan pihak Kemenpora masih bernegosiasi dengan Manor," ujar Rio.

Sementara itu, juru bicara Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto mengungkapkan, pihaknya bakal membayar uang muka sebesar 3,2 juta euro atau sebesar Rp 48 miliar rupiah kepada Manor, minggu ini. Hal tersebut dilakukan agar Manor bersedia untuk mengontrak terlebih dahulu Rio, di tengah kepastian dana yang belum terkumpul.

"Saat ini, pihak kami sudah pergi ke London untuk bernegosiasi dengan Manor. Uang muka memang harus dibayar minggu ini. Uang mana yang akan dipakai sebagai uang muka, masih kami rundingkan. Uang tersebut bisa dari Pertamina atau Kemenpora," kata Gatot.

Video Populer

Foto Populer