Sukses


Sirkuit F1: Shanghai, Janjikan Balapan Intens dan Menarik

Bola.com, Jakarta Sirkuit Internasional Shanghai ini sejak awal dianggap sebagai gerbang China menuju kancah balap dunia Formula 1 (F1). Desainnya dibuat sangat modern dan bergaya milenium. Arsitekturnya mengesankan, ditambah dengan trek yang sangat modern.

Sirkuit ini menjalani debut sebagai tuan rumah balapan jet darat pada 2004. Desainnya dibuat oleh perancang sirkuit asal Jerman, Hermann Tilke dan Peter Wahl. Tilke juga dikenal sebagai perancang Sirkuit Sepang dan Sirkuit Sakhir, Bahrain.

Sirkuit Internasional Shanghai, China. (F1.com)

Trek di Sirkuit Internasional Shanghai panjangnya 5,4 kilometer. Ternyata ada filosofi di balik bentuk trek, yaitu melambangkan karakter “shang” ala China. Karakter itu merupakan simbol dari “tinggi” dan “atas”.

Desain sirkuit juga menuntut pebalap mahir dalam melakukan perubahan akselerasi di tikungan-tikungan. Adapun trek lurus Sirkuit Shanghai ini memfasilitasi pebalap untuk memacu mobilnya dengan kecepatan sangat tinggi. 

Yang menarik, pebalap punya kesempatan besar untuk menyalip driver lain di beberapa bagian sirkuit. Hal tersebut membuat balapan menjadi intens dan menarik untuk para penonton.

Tribune utama dengan kapasitas tempat duduk mencapai 29.000 adalah surga bagi penonton. Dari tempat tersebut, mereka bisa mendapatkan pemandangan spektakuler 80 persen bagian sirkuit.

Data Sirkuit Internasional Shanghai:

Nama: Sirkuit Internasional Shanghai
Lokasi: Shanghai, China
Panjang: 5,4 km
Jumlah lap: 56 lap
Jumlah tikungan: 16 tikungan
Juara musim 2015: Lewis Hamilton
Rekor Fastest Lap (2004) : Michael Schumacher (1 menit 32,238 detik)

 

Video Populer

Foto Populer