Sukses


Sirkuit F1: Sakhir, Trek Aman di Tengah Gurun Pasir

Bola.com, Sakhir - Sirkuit Sakhir terbilang arena baru di ajang Formula 1 (F1). Sirkuit yang punya lintasan sepanjang 5,412 kilometer ini pertama kali menggelar ajang F1 pada 2004.

Beberapa kritikan sempat didapat sirkuit yang punya nama resmi Bahrain International Circuit tersebut. Namun, semua itu seperti tak berarti setelah mendapat penghargaan FIA Institute Centre of Excellence sebagai sirkuit dengan keamanan yang luar biasa.

Sirkuit ini terletak di Sakhir, Bahrain. Venue berkapasitas 70.000 penonton ini didesain oleh arsitek Jerman, Hermann Tilke, orang yang juga mendesain Sirkuit Sepang, Malaysia.

Sirkuit Sakhir (F1 Pulse)

Sirkuit Sakhir dinilai beberapa pihak memiliki masalah yang unik. Posisinya yang berada di tengah gurun memunculkan kekhawatiran akan ada pasir yang bertiup ke sirkuit dan mengganggu jalannya balapan. Namun, hal itu sudah diantisipasi pihak penyelenggara dengan menyiapkan penyemprot di sekitar lintasan.

Lalu masalah unik lainnya adalah tradisi F1 yang mengharuskan para peraih podium untuk menyemprotkan sampanye. Seperti diketahui, minumal beralkohol itu termasuk haram di Bahrain.

Untuk mengatasi hal ini, pihak penyelenggara kemudian menggantinya dengan minuman lokal bernama Warrd. Minuman ini merupakan campuran sari buah delima dengan soda. Warrd kemudian menjadi ciri khas dari balapan GP Bahrain.

Selain ajang F1, Sirkuit yag dibangun dengan dana 150 juta dollar AS tersebut juga menggelar beberapa kompetisi balapan lain seperti FIA WEC 6 Hours of Bahrain, V8 supercars, dan FIA GT.

Data Sirkuit Sakhir:

Nama: Sirkuit Sakhir (Bahrain International Circuit)
Lokasi: Sakhir, Bahrain
Panjang: 5,412 km
Jumlah lap: 57 lap
Jumlah tikungan: 15 tikungan
Juara musim 2015: Lewis Hamilton
Rekor Fastest Lap (2004) : Michael Schumacher 1 menit 30,252 detik

Video Populer

Foto Populer