Sukses


Target Realistis Rio Haryanto pada Debut di F1 Bersama Manor

Bola.com, Barcelona - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, enggan memasang target yang terlalu muluk pada debutnya di Formula 1 (F1). Pebalap tim Manor Racing itu hanya ingin menjadi pebalap papan tengah pada musim 2016.

Rio menyadari masih harus beradaptasi dengan lingkungan baru pada balapan jet darat setelah empat tahun berkiprah di ajang GP2. Pebalap berusia 23 tahun itu sudah melakukan penyesuaian awal dalam tes pramusim pertama di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, 22-25 Februari.

Dalam dua kesempatan turun lintasan, performa Rio sudah oke untuk level pebalap debutan. Selama dua hari tes, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu melahap total 129 lap (600 km). Catatan waktu terbaiknya adalah 1 menit 28,266 detik.

Waktunya memang masih jauh di bawah para pebalap top. Namun, hal itu terjadi karena fokus utama tim Manor dalam tes pertama di Barcelona bukanlah mengejar catatan waktu melainkan menguji paket mobil baru MRT05 bermesin Mercedes serta memberikan kesempatan kepada Rio dan Pascal Wehrlein buat beradaptasi.

Rio juga sempat melakukan kesalahan. Mobilnya dua kali melintir dan keluar trek. Namun, dia menegaskan bakal belajar dari kesalahan itu supaya tak hanya menjadi penghias grid pada musim 2016.

"Saya sudah mulai terbiasa dengan lingkungan di F1 dan lebih siap dibanding tes sebelumnya di Abu Dhabi. Secara keseluruhan mobil tahun ini juga lebih bagus dibanding edisi lama. Karena itu, target saya tahun ini adalah menjadi papan tengah. Saya yakin performa saya secara perlahan akan semakin meningkat," kata Rio seperti dilansir formulaspy.com.

Musim lalu, Manor yang masih bernama Marussia gagal meraih poin dan finis di posisi buncit klasemen konstruktor. Namun, setelah mengganti power unit dari Ferrari ke Mercedes, mendapat sokongan teknis dari Williams, dan mendatangkan teknisi andal berpengalaman, performa tim yang bermarkas di Inggris itu diprediksi bakal meningkat pada musim 2016.

Rio Haryanto akan kembali menjalani tes di Barcelona pada 1-4 Maret sebagai persiapan terakhir sebelum seri pembuka F1 2016 di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, 20 Maret.

Video Populer

Foto Populer