Sukses


Rio Haryanto Berencana Menetap di Barcelona selama Musim F1

Bola.com, Barcelona - Kota Barcelona, Spanyol, punya tempat tersendiri bagi Rio Haryanto. Pebalap Indonesia yang musim ini membela tim Manor Racing di ajang Formula One (F1) ini, mengaku terkesan dengan keindahan tata kota dan masyarakat Barcelona.

"Udaranya di kota ini stabil. Tidak begitu dingin seperti kota-kota besar di Eropa. Saya suka temparaturnya. Kotanya juga indah dan masyarakatnya juga bersahaja," ujar Rio saat ditemui Bola.com ketika menjalani sesi tes perdana pramusim di Sirkuit Catalunya, Barcelona, beberapa waktu lalu.

Karena merasa cocok dengan kota yang menjadi kebanggaan publik Katalan ini, pebalap kelahiran 22 Januari 1993 ini pun punya rencana untuk menjadikan kota Barcelona sebagai tempat istirahatnya selama musim F1 bergulir. ’’Kalau memang memungkinkan, saya inginnya tinggal di sini (Barcelona) selama F1,’’ kata pria berusia 23 tahun tersebut.
Rio Haryanto, pebalap F1 Manor Racing saat berada di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu (21/2/2016)
Selain faktor cuaca dan tata kota, masih menurut Rio, Barcelona juga memiliki bandar udara yang memiliki jadwal penerbangan langsung ke sejumlah negara di dunia. Penerbangan domestik Eropa, maupun Asia dan Amerika, tersedia setiap harinya.

"Jadwal penerbangan juga menjadi salah satu pertimbangan saya. Kalau dari Barcelona, banyak penerbangan langsung ke negara-negara lain," ujar putra sulung pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati ini.

Rio bukan pertama kali memilih menetap di Spanyol saat menjalani musim balapan. Pada tahun lalu, ketika membela tim Campos Racing di ajang GP2, Rio memilih menetap di kota Valencia. Alasan utama pemilik nomor mobil 88 ini tinggal di kota Valencia adalah agar lebih dekat dengan tim Campos Racing.

Alasan Rio Haryanto kala itu ingin mengenal lebih dalam tim teknisi Campos Racing. Selain itu, fasilitas latihan yang dimiliki tim sangat bermanfaat untuk persiapan balapan.

Lantas mengapa tidak menetap di Inggris yang menjadi kandang tim Manor Racing? Rio menerangkan, kendati Manor Racing bermarkas di Inggris, namun karena F1 berlangsung 21 seri, hampir dipastikan bahwa tim teknisi Manor Racing bakal jarang kembali ke Inggris.

Rio Haryanto dan manajernya, Piers Hunnisett, saat menjalani tes pra-musim bersama Manor Racing di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu (21/2/2016). (Bola.com/Reza Khomaini)

"Berbeda ketika di GP2 yang masa jedanya lebih banyak. Kalau di F1 padat sekali. Jadi sepertinya tidak begitu menguntungkan jika menetap di Inggris," ucap Rio Haryanto.

Meski demikian, Rio harus membicarakan rencana menetap di Barcelona dengan pihak manajemen. Hingga saat ini, belum ada keputusan tetap dari manajemen apakah Rio diperbolehkan menetap di kota yang menjadi markas klub raksasa dunia, Barcelona, ini.

Video Populer

Foto Populer