Sukses


Mobil Manor Rio Haryanto: Logo Pertamina, Bahan Bakar Petronas

Bola.com, Jakarta - Ada yang menarik dari mobil tim Manor Racing untuk F1 2016, Manor MRT05. Mobil yang disebut sebagai Dream Racer itu disokong dua perusahaan energi, yaitu Pertamina dan Petronas.

Pertamina merupakan sponsor utama Rio Haryanto. Perusahaan minyak dan gas pelat merah Indonesia itu mendukung Rio dengan memberikan dana sponsor sebesar 5 juta euro (Rp 73 miliar).

Sebagai sponsor, logo Pertamina pun terpampang di bagian sayap belakang dan moncong Manor MRT05. Tulisan Pertamina juga jelas terlihat di kostum balap Rio dan garasi tim Manor.

Namun, MRT05 tak memakai bahan bakar maupun pelumas Pertamina, melainkan Petronas. Berdasarkan data spesifikasi teknis yang dirilis Manor, mobil bermesin Mercedes-Benz PU106C Hybrid itu menggunakan bahan bakar Petronas Primax, pelumas Petronas Syntium, dan functional fluids Petronas Tutela.

Data spesifikasi teknis Manor MRT05. (Manor Racing)

Sasis MRT05 memakai bahan bakar dan pelumas Petronas karena perusahaan energi asal Malaysia itu menjalin kerja sama teknis dengan Mercedes. Petronas merupakan sponsor titel tim juara dunia, Mercedes.

Dibanding Pertamina, Petronas memang sudah lebih awal berkecimpung di F1. Mereka sudah melakukan riset berbiaya besar untuk mengembangkan bahan bakar dan pelumas mobil F1. Untuk bisa menyuplai bahan bakar dan pelumas mobil F1 tak mudah karena harus dihomologasi oleh FIA.

Di luar Petronas, Manor berpeluang semakin kental dengan aroma Malaysia karena belakangan gencar rumor Visit Malaysia siap memberikan dukungan sponsor buat Rio Haryanto. Namun, kabar ini belum dikonfirmasi oleh Malaysia Tourism Board (MTB).

Video Populer

Foto Populer