Sukses


Imam Nahrawi: Olahraga Ekstrem Bakal Berkembang di Indonesia

Bola.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi didampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta membuka secara resmi gelaran Indonesia Open X-Sport Championship (IOXC) X Tahun 2018 di Scientia Square Park, Gading Serpong, Tangerang, Sabtu (29/9).

Acara yamg mengangkat tema "Extreme Action with Attitude" bertujuan untuk mewujudkan kepedulian pemerintah kepada para penggiat olahraga ekstrem serta memberikan wadah bagi mereka untuk menyalurkan hobi tersebut menjadi kegiatan yang positif. Sebagai apresiasi, total hadiah telah disiapkan untuk para pemenang dengan total hadiah senilai 600 juta rupiah.

Sebanyak 380 peserta mengikuti kompetisi ini. Jumlah peserta tersebut berasal dari perwakilan 23 provinsi di Indonesia dan 10 negara lainnya seperti Perancis, Malaysia, Jepang, Filipina, Rusia, Singapura, Thailand, Republik Rakyat China, Taiwan, dan Brunei Darussalam.

Menpora mengatakan, hadirnya IOXC 2018 merupakan momentum yang sangat luar biasa. "Mementum ketemunya komunitas orang-orang hebat yang mempunyai cita-cita tinggi untuk negaranya. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa kehidupan atlet olahraga ekstrem ini memang ekstrem, dengan rambut gondrongnya dengan anting di telinganya, tapi dibalik itu semua, saya katakan bahwa dalam hatinya ada semangat untuk memberikan kebahagiaan sekaligus memberikan prestasi kepada komunitasnya, keluarganya dan tentu pada negaranya, " ujarnya.

Karenanya, ia pun mengapresiasi acara ini. "Saya apresiasi acara ini. Karenanya, ke depan saya minta pada Deputi untuk menambah anggaran acara ini. Karena, komunitas ekstrem sport ini sangat luar biasa besarnya. Dan ini sudah dibuktikan di Asian Games yang lalu di cabang panjat tebing dan skateboard. Bahkan nanti di Olimpiade Tokyo 2020, skateboard juga akan berpartisipasi," ujarnya.

Lebih dari pada itu, di saat kita mengikuti pertandingan berikanlah nilai-nilai baru bahwa persahabatan melebihi batasan apapun. Disitulah nilai agung dari olahraga. "Saya berharap nilai-nilai itu disebarluaskan. Berbeda dukungan dan negara itu pasti tapi jangan dijadikan itu sebagai tempat untuk mencari musuh. Tapi harus dijadikan tempat untuk mempererat persahabatan sesama anak bangsa dan negara," tutupmya.

Semantara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki meminta kepada seluruh atlet untuk menjunjung tinggi sportivitas. "Kepada semua atlet untuk menjunjung tinggj sprotivitas walaupun acara ini ekstrem Sport tapi saya yakin bisa melakukan itu. Di sini tidak perlu ada fanatisme berlebihan.

Acara ini adalah kontes unjuk keahlian dan skill masing-masing. Dan semoga kejuaran ini tahun depan bisa lebih besar lagi," ucapnya. IOXC 2018 dilaksanakan dari tanggal 28-30 September 2018 dengan 7 pertandingan olahraga ekstrem dan free style seperti Bmx, In line skate, Skateboard, Wall climbing (eksebisi anak-anak dan ibu-ibu), B Boy, Basket ball free style dan soccer free style. Usia membuka, Menpora pun menyempatkan diri untuk melihat-lihat arena olahraga dan berfoto sma para peserta.

 

 

(*)

Video Populer

Foto Populer