Sukses


17 Fakta Menarik Duel Seru Bayern vs Barcelona

Bola.com, Muenchen - Bayern Muenchen akan menghadapi Barcelona di leg kedua semifinal Liga Champions. Kalah 3-0 di pertemuan pertama membuat The Bavarians wajib menang empat gol tanpa balas jika ingin lolos ke final.

Bertandang ke Camp Nou, 7 Mei, Bayern dibuat tak berkutik. Tim asuhan Pep Guardiola tersebut menyerah tiga gol tanpa balas atas Los Cules. Lionel Messi (77' dan 80') serta Neymar (90+4') saling bergantian mengoyak gawang Die Roten.

Dengan hasil tersebut, kans Bayern lolos ke final terbilang berat. Sebab, mereka wajib mengunci kemenangan 4-0 saat gantian menjamu Blaugrana di Allianz Arena, Rabu (13/5/2015) dini hari WIB.

Secara statistik, peluang Bayern Muenchen menang empat gol tanpa balas atas Barcelona cukup terbuka. Sebab, di dua laga kandang terakhir dalam ajang Liga Champions, Die Roten mampu menang dengan selisih gol lebih dari empat.

Mereka berhasil melumat Shakhtar Donetsk dengan skor 7-0 pada leg kedua babak 16 besar, serta membungkam FC Porto 6-1 di pertemuan kedua fase perempatfinal. Tak hanya itu, Thomas Mueller dan kawan-kawan juga mampu membungkam Barcelona 4-0 di Allianz Arena di leg pertama semifinal Liga Champions musim 2012/2013.

Namun begitu, Barcelona bukan tim yang bisa dianggap remeh. Apalagi, Los Cules sukses menyapu bersih kemenangan di sembilan laga terakhir Liga Champions.

Jika sukses menahan imbang atau bahkan membungkam Bayern Muenchen, maka Barcelona akan lolos ke final Liga Champions untuk kedelapan kalinya atau yang perdana setelah terakhir kali terjadi pada musim 2010/2011.

Berikut data dan fakta Bayern Muenchen vs Barcelona seperti dilansir Opta:
1. Sejauh ini, tim yang berhasil meraih kemenangan 3-0 di leg pertama fase knock-out Liga Champions 100 persen lolos ke fase selanjutnya.

2. Bayern Muenchen mampu merengkuh final di empat dari lima kali kesempatan berlaga di semifinal Liga Champions.

3. Bayern Muenchen tidak pernah tersingkir dari semifinal Liga Champions dua kali secara beruntun. Ini bisa menjadi musim kedua berturut-turut The Bavarians disingkirkan oleh tim Spanyol (Real Madrid di 2013/2014 dan Barcelona pada 2014/2015).

4. Jika berhasil lolos, maka Barcelona akan merengkuh final Liga Champions yang perdana setelah terakhir kali terjadi pada musim 2010/2011.

Bersambung ke halaman selanjutnya --->

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

2.

5. Bayern Muenchen menelan kekalahan di tiga laga terakhir semifinal Liga Champions tanpa mampu mencetak gol (melawan Real Madrid di musim 2013/2014 dan Barcelona di musim ini).

6. Bayern tidak terkalahkan di empat pertandingan kandang terakhir mereka melawan Barcelona (2 menang; 2 kalah), dan selalu mencetak gol di empat pertemuan tersebut.

7. Bayern Muenchen mampu memetik kemenangan 4-0 saat menjamu Barcelona di Allianz Arena, April 2013. Jika sukses meraih skor yang sama, maka mereka akan lolos ke final setelah di leg pertama kalah 0-3.
Aksi salto Rafinha saat menghalau bola. (Reuters/Albert Gea)
8. Bayern Muenchen berhasil meraih kemenangan di lima laga kandang terakhir di Liga Champions, dengan rata-rata 3,8 gol per-laga dan mencatatkan clean sheet di empat pertandingan secara beruntun.

9. Barcelona meraih kemenangan di sembilan laga terakhir Liga Champions, catatan terbaik mereka sejak musim 2002/2003. Dari sembilan partai tersebut, Blaugrana mencatatkan 2,6 gol per pertandingan.

3 dari 3 halaman

3.

10. Barcelona meraih kemenangan di empat laga tandang terakhir di Liga Champions. Itu adalah catatan terbaik mereka di kompetisi sejak Februari 2012 (6).

11. Bayern Muenchen sudah mencetak gol terbanyak secara keseluruhan (30) dan di kandang (19) dalam Liga Champions musim ini.

12. Lesatan pemain Barcelona telah enam kali menghantam tiang gawang di Liga Champions musim ini, catatan tertinggi bersama Real Madrid.

13. Thomas Mueller selalu terlibat di tiga dari empat gol kandang Bayern kontra Barcelona di Liga Champions (2 gol; 1 assist).

Lionel Messi menaklukkan Manuel Neuer untuk mencetak gol kedua Barcelona. (AP Photo/Emilio Morenatti)

14. Lionel Messi terlibat di enam dari delapan gol Barcelona melawan Bayern Muenchen di Liga Champions (4 gol; 2 assist). Dia juga menjadi top skorer di Liga Champions musim ini dengan 10 gol.

15. Sejauh ini, Messi juga adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Liga Champions (77 gol).

16. Neymar selalu mencetak gol di tiga penampilan terakhirnya di Liga Champions. Itu adalah untuk yang pertama kalinya bagi Neymar.

17. Xavi akan melakoni laga ke-150 di Liga Champions (terkecuali kualifikasi). Catatan tersebut adalah yang terbanyak dibandingkan pemain lain.

Video Populer

Foto Populer