Sukses


17 Data dan Fakta Jelang Laga Real Madrid vs Juventus

Bola.com, Madrid - Real Madrid akan menjamu Juventus di Santiago Bernabeu dalam leg kedua semifinal Liga Champions. Memiliki rekor bagus kala bermain di kandang sendiri, Madrid diunggulkan memetik kemenangan sekaligus lolos ke final.

Los Blancos menelan hasil minor saat melawat ke markas I Bianconeri di Juventus Stadium, 6 Mei. Tampil tanpa Karim Benzema dan Luka Modric, El Real tumbang dengan skor tipis 1-2.

Madrid hanya mampu mencetak satu gol lewat sundulan Cristiano Ronaldo di menit ke-27. Sementara sepasang gol kemenangan La Vecchia Signora dicetak Alvaro Morata menit ke-8 dan Carlos Tevez menit ke-57.
Penyerang Juventus, Carlos Tevez merayakan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Real Madrid pada leg pertama babak semifinal Liga Champions di Juventus Stadium, Rabu (6/5/2015). Juventus menang 2-1 atas Real Madrid. (Reuters/Stefano Rellandini)
Kendati kalah di pertemuan pertama, peluang Real Madrid meraih satu tempat di partai final Liga Champions musim ini belum tertutup. Sebab, mereka hanya butuh kemenangan 1-0 saat gantian meladeni perlawanan Juve di Santiago Bernabeu, Kamis (14/5/2015) dini hari WIB.

Madrid juga kerap tampil ciamik kala bertanding di hadapan pendukungnya sendiri. Dari tujuh laga kandang terakhir di seluruh ajang kompetisi, Madrid mampu meraih enam kemenangan, satu hasil imbang, dan belum pernah kalah.

El Real juga memiliki catatan bagus saat menjamu Juve. Mereka sukses merengkuh lima kemenangan, dan hanya menelan dua kekalahan dari tujuh pertandingan melawan La Vecchia Signora di Bernabeu.

Akan tetapi, kesempatan Juventus berlaga di partai final musim ini juga cukup besar. Skuat Si Nyonya Tua berhasil menembus final di dua dari tiga laga semifinal melawan tim asal Spanyol.

Selain itu, Juventus juga sulit dibendung ketika sudah menjejakkan kakinya di semifinal. Dari 10 kesempatan terakhir berlaga di semifinal Piala/Liga Champions, Juventus mampu tujuh kali lolos ke final.

Lantas, siapakah yang akhirnya mampu mengamankan satu tiket berlaga di final? Real Madrid atau Juventus? Layak untuk dinantikan.

Berikut data dan fakta menarik Real Madrid vs Juventus seperti dilansir Opta:

1. Sejauh ini, tim yang menang 2-1 di pertemuan pertama semifinal Liga Champions hanya 47 persen yang lolos ke final.

2. Juventus telah dua kali berada dalam situasi seperti ini (unggul 2-1 di leg pertama), dan selalu mampu lolos ke fase selanjutnya. Di perempatfinal Liga Champions musim 1998/1999 kontra Olympiakos, serta melawan Borussia Dortmund di babak 16 besar musim ini.

3. Juventus dan Real Madrid sama-sama mampu memetik delapan kemenangan di Piala/Liga Champions, sedangkan satu laga sisa berakhir dengan imbang.

2 dari 3 halaman

2.

4. Real Madrid meraih lima kemenangan dari tujuh laga kandang melawan Juventus di Piala/Liga Champions. Dan di dua laga lainnya, mereka menelan kekalahan.

5. Dari 11 laga kandang terakhir Real Madrid dalam ajang Liga Champions kontra tim asal Italia, tidak pernah berakhir dengan hasil imbang (7 menang; 4 kalah).

Juventus akhirnya berhasil mengunci kemenangan 2-1 atas Real Madrid. (AFP PHOTO/MARCO BERTORELLO)

6. Juventus hanya meraih dua kemenangan dari 20 kali lawatan terakhir ke Spanyol dalam kompetisi Eropa (4 imbang; 14 kalah).

7. Real Madrid selalu tersingkir di tiga pertemuan terakhir melawan tim asal Italia dalam fase semifinal kompetisi Eropa (melawan AC Milan di Piala Champions Eropa musim 1989, Torino di Piala UEFA musim 1992, dan melawan Juventus di Liga Champions musim 2003).

8. Juventus berhasil lolos ke final di dua dari tiga laga semifinal melawan tim asal Spanyol.

9. Dari 10 kesempatan terakhir berlaga di semifinal Piala/Liga Champions, Juventus mampu tujuh kali lolos ke final.

10. Tiga dari lima gol terakhir Juventus ke gawang Real Madrid di Liga Champions dicetak pemain asal Spanyol (Fernando Llorente dua gol, Alvaro Morata).

3 dari 3 halaman

3.

11. Sudah enam kali tembakan para pemain Real Madrid mengenai tiang di Liga Champions musim ini, sebuah jumlah terbesar bersama Barcelona.

12. Hanya Bayern Muenchen yang lebih banyak mendapatkan penalti (8) dibandingkan Juventus dan Real Madrid (7) dalam dua musim terakhir Liga Champions.

13. Alvaro Morata adalah pemain Spanyol yang menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Champions musim ini (3 gol).

Berkat kemenangan ini, Juventus hanya butuh hasil imbang saat gantian bertandang ke markas Madrid di Santiago Bernabeu, 14 Mei, untuk bisa lolos ke final. (AFP PHOTO/MARCO BERTORELLO)

14. Cristiano Ronaldo telah mencetak sembilan gol di Liga Champions musim ini. Dia hanya tertinggal satu gol dari Lionel Messi.

15. Cristiano Ronaldo berhasil mencetak enam gol di enam pertandingan terakhir Liga Champions kontra tim asal Italia.

16. Carlos Tevez mencetak lebih banyak gol di Liga Champions musim ini (7 gol) dibandingkan lima musim sebelumnya (6 gol).

17. Iker Casillas akan memainkan partai ke-150 nya di Liga Champions (terkecuali laga kualifikasi). Catatan tertinggi penjaga gawang di kompetisi ini.

Video Populer

Foto Populer