Sukses


Bungkam Bengaluru, Persipura Juara Grup E

Bola.com, Bengaluru - Persipura Jayapura berhasil menjadi juara grup E Piala AFC usai membungkam Bengaluru FC dengan skor 3-1 di Stadion Stadion Sree Kanteerava, Selasa (12/5) malam WIB. Gol Mutiara Hitam dicetak oleh Robertino Pugliara, Imanuel Wanggai, dan Boaz Salossa. Sedangkan gol tuan rumah diciptakan Udanta Singh.

Tambahan tiga poin membuat tim asuhan Oswaldo Lessa mengoleksi 16 poin. Hasil ini membuat Persipura dipastikan akan menjadi tuan rumah saat tampil di babak 16 besar Piala AFC.

Bertindak sebagai tim tamu, Persipura memiliki kesempatan mencetak gol di menit ke-18 setelah umpan Imanuel Wanggai berhasil diteruskan oleh Zulham Zamrun melalui tandukan kencang. Sayang, bola masih sanggup ditepis kiper Bengaluru.

Pada menit ke-23 tuan rumah berhasil unggul lebih dahululu. Robin Singh melepas umpan terobosan akurat ke sisi kanan kotak penalti dan di sana Udanta tanpa ragu melepaskan tembakan kencang ke sisi kanan gawang Dede Sulaiman.

Tak lama setelah gol tersebut Persipura berhasil menyamakan skor lewat gol yang diciptakan Pugliara. Gelandang asal Argentina melepaskan tendangan kencang yang tidawk bisa dijangkau penjaga gawang tuan rumah. Skor 1-1 tidak berubah sampai wasit meniup tanda berakhirnya babak pertama.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Memasuki interval kedua tempo permainan berjalan dengan lamban. Tidak ada peluang berbahaya sampai menit ke-60. Bola lebih sering berkutat di lini tengah lapangan.

Melihat situasi tersebut Lessa melakukan perubahan formasi. Ia memasukan Lim Jun-Sik untuk menggantikan posisi Nelson Alom yang terlihat tidak berkembang permainannya.

Persipura mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol di menit ke-68. Namun, umpan brilian yang dilepaskan Lancine Kone tidak dapat dimaksimalkan dengan baik oleh Pugliara.

Lima menit berselang, Persipura mendapatkan gol keduanya. Wanggai melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tidak mampu ditepis penjaga Bengaluru.

Boaz menambah keunggulan Persipura di menit ke-77. Ia berhasil mengkonversi umpan lambung ciamik dari Ruben Karel Sanadi lewat tandukan kerasnya.

Meski sudah unggul, Persipura tidak menurunkan tempo serangannya. Namun, sampai wasit meniup tanda berakhirnya pertandingan skor 3-1 untuk keunggulan Mutiara Hitam tidak berubah.

Susunan Pemain:

Bengaluru FC: Manju, Vishal, Osano, Gurtej, Robin, Shankar, Beikhokhei, Hangal, Keegan, Udanta, Mawia.

Persipura Jayapura: Dede Sulaiman; Tinus Pae, Fakdawer, Bio Paulin, Ruben Sanadi; Robertino, Wanggai, Alom (Lim Jun-Sik); Zulham (Lancine Kone), Ian Louis, Boaz

Video Populer

Foto Populer