Sukses


Juventus Temui Barcelona di Final Liga Champions

Bola.com, Madrid - Alvaro Morata menjadi pahlawan ketika Juventus menahan Real Madrid dengan skor 1-1 di leg kedua semifinal Liga Champions, Kamis (14/5) dini hari WIB. Bianconeri lantas ke partai final karena unggul agregat 3-2.

Real Madrid sebenarnya hanya butuh satu gol untuk mengamankan satu tiket ke babak final Liga Champions saat menghadapi Juventus di leg kedua semi final, Kamis (14/5) dini hari WIB.

Los Blancos langsung tancap gas dengan memperoleh peluang di menit pertama. Penetrasi dilakukan bek kiri Marcelo, yang memberikan umpan untuk Gareth Bale, tapi sundulan pria Wales itu masih melambung di atas gawang Gianluigi Buffon.

Juventus bermain lebih kalem dengan mengandalkan operan pendek yang dikombinasikan dengan operan lambung. Namun, hingga menit ke-8 tim tamu belum bisa menembus pertahanan lawan. Di menit ke-10 Real Madrid mendapatkan peluang bagus ketika Cristiano Ronaldo dijatuhkan Leonardo Bonucci di depan kotak penalti.

CR7 yang maju sebagai eksekutor tendangan bebas menendang bola melewati pagar tipis, tapi si kulit bundar hanya melambung tipis di atas mistar Buffon. Tiga menit berselang, giliran Juventus yang membahayakan gawang Madrid. Arturo Vidal melepaskan tembakan dari jarak jauh tapi jari Iker Casillas masih sanggup membelokkan bola.

Memasuki menit ke-18, tuan rumah kembali punya kesempatan bagus. Karim Benzema lolos dari jebakan off-side dan mengirimkan umpan datar yang mengecoh bek-bek Juve, tapi tak ada yang menyambut operannya.

Tekanan bertubi-tubi terus diberikan Madrid, Gareth Bale memberikan tes kepada Gianluigi Buffon. Namun, kiper Italia itu sukses memblok tendangan Bale. Di menit ke-21, Madrid mendapatkan penalti dan Ronaldo maju sebagai eksekutor. Pria Portugal itu menuntaskan tugasnya dengan baik.

Gol dari titik putih itu memperbaiki catatan gol Ronaldo di Liga Champions. Gol penalti itu menjadi gol ke-77 Ronaldo di pentas Liga Champions, sama seperti yang diukir Lionel Messi.

Di menit ke-30, Real Madrid mendapat sepak pojok yang dieksekusi James Rodriguez. Karim Benzema melompat lebih tinggi dari pemain lainnya dan menanduk bola, tapi Buffon berada di posisi yang tepat untuk mengamankan si kulit bundar.

Lima menit jelang turun minum, Madrid melancarkan serangan balik yang cepat. Ronaldo berlari menyambut umpan lambung dari tengah, kemudian menendang bola. Hanya, upayanya masih menyamping di sisi kiri gawang.

Hingga wasit meniup tanda istirahat, skor 1-0 untuk Real Madrid masih terpampang di papan skor Santiago Bernabeu.

Dari data statistik, kubu tuan rumah mampu membuat sebanyak 13 percobaan sedangkan Juventus hanya tercatat melakukan tiga percobaan tembakan. Walau terlihat mendominasi sepanjang babak pertama, Bianconeri ternyata lebih unggul dalam penguasaan bola dengan angka 48-52 persen.

2 dari 2 halaman

Jalannya Babak Kedua

Di babak kedua Juventus berupaya untuk menyamakan angka dan di menit ke-50, Carlos Tevez yang bergerak di sayap kiri Juventus memberikan operan datar yang disambut kaki Claudio Marchisio. Tendangan pemain berpaspor Italia itu melebar tipis di gawang Iker Casillas.

Menit ke-56, Bianconeri sukses membuat skor menjadi 1-1. Berawal dari sebuah kemelut di gawang Madrid, bola liar disundul Paul Pogba yang mengarahkannya kepada Alvaro Morata. Striker Spanyol itu kemudian menendang bola yang memantul di tanah menggunakan kaki kiri. Sempat ditepis Casillas, tapi bola tetap masuk ke gawang.

Di menit ke-62, Madrid berusaha membalikkan angka. James Rodriguez yang berada di depan kotak penalti mengirim no look pass kepada Marcelo yang menerobos masuk sayap kiri Si Nyonya Tua. Full-back Brasil itu memberikan umpan datar kepada Bale, tapi lagi-lagi mantan penggawa Tottenham Hotspur itu gagal menuntaskan tugasnya meski hanya berjarak sekitar 15 cm saja dari gawang Juventus.

Lima menit berselang, para penggawa Madrid mengurung pertahanan Juve. Diawali operan Ronaldo kepada James Rodriguez, pemain Kolombia itu melakukan dua sentuhan dan menendang si kulit bundar menggunakan kaki kirinya. Buffon, yang tak sempat membaca arah bola, mati langkah. Tetapi, upaya James tipis melayang di atas gawang Juve.

Tim tamu berusaha keluar dari tekanan di menit ke-69. Serangan balik cepat berujung pada kaki Arturo Vidal yang memberikan umpan ke Claudio Marchisio. Berdiri bebas, gelandang timnas Italia itu gagal menaklukkan Casillas yang masih sempat menjulurkan tangannya untuk menepis bola.

Skor 1-1 tampaknya menjadi incaran Juventus di laga ini lantaran di menit ke-78, Massimiliano Allegri memasukkan Andrea Barzagli untuk menggantikan Andrea Pirlo.

Tiga menit jelang waktu normal berakhir, sebuah throw in diarahkan kepada Llorente yang kemudian mengecoh bek Madrid di dalam kotak penalti. Llorente mengirimkan bola kepada Paul Pogba yang melanjutkannya dengan tendangan keras. Akan tetapi, Casillas berada di posisi yang tepat untuk menghalau bola.

Madrid terus berusaha mencari gol kedua, hanya upaya itu gagal. Juventus melangkah ke partai final Liga Champions 2014/2015 menemani Barcelona sudah menunggu. Laga final digelar di Olympia Stadion, Berlin, pada 7 Juni 2015.


Real Madrid (4-3-3): Casillas; Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo; Kroos, Isco, Rodríguez; Ronaldo, Benzema (Hernandez 66'), Bale

Juventus (4-3-1-2): Buffon, Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, Evra, Marchisio, Pirlo (Barzagli 78'), Pogba (Pereyra 88'), Vidal, Tevez, Morata (Llorente 83').

Video Populer

Foto Populer