Sukses


Timnas U-23 Telan Kekalahan di Laga Perdana

Bola.com, Kallang - Timnas U-23 memulai petualangan di SEA Games 2015 dengan kekalahan. Meladeni Myanmar U-23 pada laga pembuka Grup A, Garuda Muda harus takluk 2-4 di Stadion Jalan Besar, Kallang, Selasa (6/2) malam WIB.

Meladeni Myanmar, pelatih Timnas U-23 Aji Santoso tetap mengandalkan formasi 4-2-3-1 demi mengamankan tiga poin penuh di laga pertama. Sedangkan Myanmar U-23 yang diarsiteki Kyi Lwin menggunakan formasi 4-5-1.

Timnas U-23 tertinggal lebih dulu 0-1 dari Myanmar U-23 pada menit ke-20. Striker Myanmar U-23 Shine Thura mampu memperdaya Natshir lewat sepakan terarah ke pojok kiri gawang. Skor berubah 1-0.

Myanmar U-23 berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-37, blunder Natshir berujung pada gol kedua tim lawan yang dicetak Si Thu Aung melalui sundulan kepala dan membuat Timnas U-23 tertinggal 0-2.

Satu menit jelang babak pertama berakhir, Garuda Muda berhasil memperkecil skor menjadi 1-2. Adalah Abduh Lestaluhu yang menjebol gawang Myanmar U-23 setelah tendangan spekulasi dari sisi kanan pertahanan lawan tidak mampu dihalau Kyaw Zin.

Memasuki babak kedua, Timnas U-23 memulai pertandingan dengan buruk. Hansamu Yama melakukan blunder fatal lantaran terlalu lama memainkan bola di daerah sendiri. Bola dari kaki Hansamu direbut Thu Aung dan tanpa kesulitan memperdayai Natshir dalam duel satu lawan satu sekaligus mengubah skor menjadi 3-1.

Dua belas menit pasca gol tersebut, Myanmar U-23 mencetak gol keempat mereka di laga ini. Berawal dari tendangan bebas, Hansamu Yama salah dalam menghalau bola dan bola tersebut justru mengarah ke Zin Lwin. Dengan tenang, pemain bernomor punggung 12 ini menjebol gawang Timnas U-23 dan mengubah skor menjadi 4-1.

Tertinggal tiga gol, Aji melakukan perubahan skema bermain dengan memasukan Yandi Sofyan Munawar dan Ilham Udin Armaiyn. Timnas pun bermain dengan formasi 4-4-2 mengandalkan duet Muchlis Hadi dan Yandi.

Perubahan ini terbukti ampuh setelah Nofiandani memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4 setelah lebih dulu melakukan aksi individu untuk melewati adangan bek lawan di menit ke-70.

Selepas gol pemain Arema Cronus itu, Timnas U-23 justru kembali berada dalam tekanan tim lawan. Beberapa peluang juga didapat Myanmar U-23 namun tidak satu pun yang berujung gol. Sedangkan Timnas U-23 mendapatkan peluang emas melalui Yandi Sofyan di masa injury time namun masih mampu dihalau Kyaw Zin.

Skor 4-2 untuk keunggulan Myanmar U-23 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir.

Susunan Pemain
Indonesia U-23 (4-2-3-1)
M. Natshir; Syaiful Indra, Manahati, Hansamu, Abduh; Adam Alis, Zulfiandi; Wawan, Evan Dimas, Nufiandani; Muchlis Hadi

Myanmar U-23 (4-5-1)
Kyaw Zin; Ko Ko Thein, Hein Thiha, Ye Win, Si Thu; Hlaing Bo, Nay Lin, Kaung Sat, Ko Oo, Win Zin; Thura

Video Populer

Foto Populer