Sukses


Mauricio Isla Bawa Cile ke Semifinal Copa Amerika 2015

Bola.com, Santiago - Uruguay harus menerima kenyataan tersingkir dari ajang Copa America 2015 usai takluk dari tuan rumah, Cile, di laga perempat final yang berlangsung di Estadio Nacional Julio Martinez Pradanos, Santiago, Cile, Kamis (25/6/2015) pagi WIB. Satu-satunya gol yang tercipta lahir dari pemain bertahan Cile, Mauricio Isla, sekitar 10 menit jelang akhir pertandingan.

Tuan rumah mengambil inisiatif serangan di awal pertandingan. Sementara sang juara bertahan, Uruguay, lebih memilih memainkan strategi bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Serangan yang dibangun Cile, beberapa kali mengancam gawang lawan. Salah satunya lahir dari Isla. Namun sepakan volinya di menit kedelapan masih melambung tinggi di atas mistar gawang.

18 menit berselang giliran Jorge Valdivia yang nyaris membuat Cile unggul di menit ke-26. Sayang, umpannya pada Charles Aranguiz tak mampu dikonversi menjadi gol.

Permainan bagus yang dimainkan kedua tim konsisten hingga 45 menit babak pertama. Hal ini menyebabkan skor tetap imbang tanpa gol hingga turun minum.

Memasuki interval kedua, Cile masih konsisten dengan gaya permainan menyerang. Sementara Uruguay tetap lebih banyak menunggu dan melakukan serangan balik.

Barisan depan La Roja, yang diisi duet Alexis Sanchez-Edu Vargas bergantian melancarkan serangan. Namun, penampilan cemerlang kiper Fernando Muslera di bawah mistar gawang Uruguay membuat usaha kedua striker lawan kandas.

Uruguay hampir mencuri keunggulan di tengah gempuran Cile di menit ke-53. Sebuah peluang matang didapat dari sepakan bebas. Pertahanan Cile yang tampak rapuh membuat Diego Rolan bebas mengeksekusi bola. Tapi, sepakannya masih lemah, sehingga mudah diamankan penjaga gawang Cile, Claudio Bravo.

Petaka Uruguay datang ketika penyerang andalan mereka, Edinson Cavani, diusir wasit menyusul kartu merah hasil akumulasi kartu kuning yang diterimanya di menit ke-63. Menampar bek Cile, Gonzalo Jara, Cavani langsung diganjar kartu kuning kedua oleh wasit. Sebelumnya, Cavani sudah lebih dulu mengantongi kartu kuning pada menit ke-29 babak pertama.

Kekurangan jumlah pemain memaksa pelatih Uruguay, Oscar Tabarez kian merapatkan pertahanan skuatnya. Namun begitu, pada akhirnya bombardir serangan Cile membuahkan hasil di menit ke-81.

Dimulai dengan umpan silang yang mengarah ke area penalti Uruguay, Muslera langsung bereaksi dengan meninju bola tersebut ke luar daerah berbahaya. Sayang, upayanya tersebut malah menjadi awal proses gol Isla.

Menerima umpan pendek dari Valvidia, Isla yang tak lagi terkawal pemain lawan, leluasa melepaskan tendangan mendatar ke arah tengah kanan gawang Uruguay yang gagal diantisipasi Muslera.

Tiga menit jelang waktu normal laga berakhir, Uruguay harus kembali kehilangan pemainnya. Kali ini giliran Jorge Fucile yang mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Alexis. Kondisi ini kian membuat Uruguay terpuruk hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan wasit.

Kemenangan ini meloloskan Cile ke semifinal Copa America 2015. Selanjutnya, di babak empat besar, Cile akan menghadapi pemenang pertandingan antara Bolivia vs Peru, esok, Jumat (26/6/2015) pagi WIB.

Baca Juga:

Brasil Tampil Kurang Oke di Fase Grup Copa America 2015

Ayah Tewaskan Remaja 19 Tahun, Uruguay Pantau Psikis Cavani

Rapor Performa Uruguay di Fase Grup Copa America 2015

Video Populer

Foto Populer