Sukses


Ini Dia 9 Stadion Termegah di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Berbicara sepak bola pasti akan mencakup tentang pembicaraan mengenai pemain, klub, negara, pelatih hingga wasit. Namun, di antara itu semua, ada satu sisi yang sering dilupakan pecinta bal-balan ketika berbicara soal olah raga si kulit bundar tersebut, yaitu stadion.

Arena para gladiator lapangan hijau tersebut dari masa ke masa dibentuk sedemikian rupa untuk menciptakan kenyamanan pemain ketika bertanding, dan penonton ketika menyaksikan pertandingan, salah satunya di Indonesia. Berbicara kualitas stadion di Indonesia mungkin tidak sebagus dengan stadion-stadion yang berada di kawasan Asia seperti, Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok.

Namun, masyarakat pecinta sepak bola Tanah Air boleh berbangga hati, lantaran ada beberapa stadion di Indonesia yang kualitasnya hampir sama dengan stadion-stadion yang berada di Jepang bahkan Eropa.

Berikut ulasan 9 stadion termegah di Indonesia versi Bola.com:

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Item)

Stadion yang berada di kawasan Senayan tersebut berdiri sejak 1958. Ketika itu, Presiden pertama RI, Ir. Soekarno, membangun stadion tersebut untuk menggelar pesta olah raga Asia (Asian Games IV). Pada pembangunan tahap awal, stadion tersebut berkapasitas 100 ribu penonton

Namun, dari masa ke masa, Stadion Utama Gelora Bung Karno mengalami berbagai renovasi dan membuat kapasitas penonton mengecil menjadi 88 ribu orang. Selanjutnya, stadion yang pernah diubah namanya menjadi Stadion Utama Senayan tersebut sering digunakan untuk event-event olah raga internasional seperti SEA Games dan Piala Asia.

Stadion Gelora Bung Karno merupakan stadion bertaraf internasional menurut FIFA dan AFC. Saat ini, stadion termegah nomor satu di Indonesia tersebut merupakan markas dari Timnas Indonesia dan klub Persija Jakarta.

2. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo. (Item)

Stadion yang dibangun pada awal 2008 tersebut memiliki kapasitas nomor dua terbesar di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno. Gelora Bung Tomo memiliki kapasitas penonton sebesar 60 ribu orang.

Stadion tersebut juga bertaraf internasional menurut Induk Sepak Bola Asia, AFC, dan Induk Sepak Bola Internasional, FIFA. Pasalnya, stadion tersebut memiliki lampu, papan skor, rumput dan infrastruktur penunjang lain yang bertaraf internasional. Saat ini, Stadion Gelora Bung Tomo dijadikan home base dari klub kebanggaan kota Surabaya, Persebaya Surabaya.

3. Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Jakabaring Palembang. (Item)

Stadion kebanggaan masyarakat Palembang tersebut dibangun pada 2001 dan resmi dibuka pada 2004. Stadion tersebut juga pernah menggelar event-event olah raga internasional seperti, Piala Asia 2007, SEA Games 2011, Islamic Games 2013, dan ASEAN University Games 2014.

Stadion yang merupakan markas Sriwijaya FC tersebut memiliki kapasitas 36 ribu penonton. Induk sepak bola Asia, AFC, memberikan sertifikat lisensi A kepada Stadion Jakabaring Palembang. Pasalnya, stadion ini memiliki infrastruktur penunjang seperti lampu, papan skor serta rumput bertaraf internasional.

4. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Item).

Stadion yang terletak di Kecamatan Rancanumpang, Gede Bage, Bandung tersebut, merupakan salah satu stadion termegah di Indonesia. Stadion yang berkapasitas lebih dari 38 ribu penonton tersebut dibangun pada 2009. Stadion tersebut juga menyandang taraf internasional menurut AFC.

5. Stadion Utama Riau

Stadion Utama Riau Pekanbaru (Item).

Stadion tersebut dibangun pada Oktober 2009. Stadion yang berkapasitas 44 ribu penonton tersebut dibangun untuk penyelenggaraan PON ke-28 pada 2012.

Stadion tersebut sudah menggelar event internasional seperti kualifikasi Piala AFF U-22 2012 dan Islamic Solidarity Games 2013. Stadion yang merupakan markas dari PSPS Pekanbaru tersebut diberikan sertifikat lisensi A oleh induk sepak bola Asia, AFC. Pasalnya, Stadion Utama Riau memiliki lampu, rumput, serta papan skor yang terstandar internasional.

6. Stadion Aji Imbut

Stadion Aji Imbut Tenggarong. (Item)

Stadion yang dimulai pembuatannya pada 2005 tersebut digunakan untuk menyambut pagelaran PON ke-27 2008. Saat ini, stadion yang berada Kota Tenggarong tersebut digunakan sebagai home base dari klub kebanggaan masyarakat Kutai Kartanegara, Mitra Kukar.

Stadion Aji Imbut Tenggarong mempunyai kapasitas sebesar 40 ribu penonton. Stadion tersebut layak menjadi stadion termegah di Indonesia dari segi infrastruktur penunjang seperti, lampu, papan skor, dan rumput yang bertaraf internasional.

7. Stadion Palaran

Stadion Palaran Smaarinda.

Stadion yang dibangun pada 2002 tersebut memiliki kapasitas sebesar 60 ribu penonton. Stadion yang resmi dibuka pada Juni 2008 tersebut merupakan salah satu stadion termegah di Indonesia.

Stadion tersebut pernah digunakan untuk menyambut PON ke-27. Saat ini, stadion ini pernah digunakan sebagai markas klub Putra Samarinda (yang kini berganti nama Bali United Pusam FC). Stadion Palaran juga memiliki infrastruktur penunjang seperti, CCTV, rumput, papan skor, serta lampu bertaraf internasional.

8. Stadion Maguwoharjo

Stadion Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. (Item)

Stadion yang terletak di kota Sleman, Yogyakarta tersebut, merupakan salah satu stadion termegah di Indonesia. Stadion Maguwoharjo memiliki kapasitas 30 ribu penonton.

Selain itu, markas klub PSS Sleman tersebut memiliki infrastruktur penunjang seperti lampu, rumput, dan papan skor yang bertaraf internasional. Stadion yang satu ini kerap dipakai untuk menggelar pertandingan persahabatan Timnas Indonesia.

9. Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat Bandung. (Item)

Stadion yang berada di Kabupaten Soreang, Bandung tersebut, merupakan salah satu stadion termegah di Indonesia. Stadion tersebut juga memiliki infrastruktur penunjang seperti lampu, papan skor, serta rumput yang bertaraf internasional.

Stadion Si Jalak Harupat memiliki kapasitas 40 ribu penonton dan beberapa kali menggelar pertandingan internasional. Saat ini, sepeninggal Persib Bandung yang pindah markas ke Stadion Bandung Lautan Api, Si Jalak Harupat digunakan oleh klub Bandung lainnya, Persikab Bandung.

Baca Juga :

Nostalgia : 7 Veteran Piala Dunia yang Bermain di Indonesia
Ini Dia 5 Pemain Asing Tersukses di Kompetisi Indonesia
Ini 12 Klub Dunia yang Pernah Berkunjung ke Indonesia

Video Populer

Foto Populer