Sukses


Kalahkan Sevilla, Barcelona Juara Piala Super Eropa

Bola.com, Tbilisi - Barcelona berhasil menjuarai Piala Super Eropa 2015 usai mengalahkan Sevilla 5-4 di babak tambahan waktu yang berlangsung di Stadion Boris Paichadze, Georgia, Rabu (12/8/2015) dini hari WIB.

Lima gol Barcelona dicetak oleh Lionel Messi (2 gol), Luis Suarez, Rafinha Alcantara dan Pedro Rodriguez. Sedangkan gol Sevilla tercipta atas nama Ever Banega, Jose Antonio Reyes, Kevin Gamiero, dan Yevhen Konoplyanka.

Kemenangan ini membuat Los Cules berhasil menambah koleksi Piala Super Eropa menjadi lima trofi, sekaligus menyamai pencapaian AC Milan. 

Sepanjang jalannya pertandingan, Barcelona memang sangat mendominasi. Terbukti dari raihan 62 persen penguasaan bola berbanding 38 persen milik Sevilla.

Tak hanya itu, jumlah tendangan ke gawang, Blaugrana mampu menciptakan 24 tembakan di mana 10 mengarah ke gawang. Sedangkan, Sevilla menorehkan 17 tembakan dan enam yang on target.

Jalannya pertandingan juga relatif masih dalam koridor fairplay. Tercatat wasit yang memimpin pertandingan mengeluarkan sembilan kartu kuning dengan rincian lima untuk Sevilla dan empat untuk Barcelona.

Pada babak pertama, laga berjalan sangat menarik. Pasalnya, skuat asuhan Unai Emery mampu unggul cepat pada menit ke-3 lewat eksekusi tendangan bebas Ever Banega.

Tak butuh waktu lama, Lionel Messi mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1, juga lewat eksekusi tendangan bebas.

Parade gol dari tendangan bebas terus berlanjut. Lionel Messi berhasil membuat Barcelona berbalik unggul 2-1 atas Sevilla lewat tendangan bebas ciamik pada menit ke-16. Gol ini juga membuat Messi menorehkan catatan menarik yakni selalu terlibat dalam empat gol Barcelona di Piala Super Eropa (dua assist, dua gol).

Di menit ke-29, gol Luis Suarez memanfaatkan umpan Jeremy Mathieu dianulir wasit lantaran terlebih dahulu terjebak offside.

Barcelona semakin memperlebar jarak menjadi 3-1 pada menit ke-42. Berawal dari pergerakan ciamik Suarez, penyerang asal Uruguay tersebut mampu mengirimkan umpan matang yang langsung disambut sontekan Rafinha Alcantara.

Memasuki babak kedua, Suarez mencetak gol untuk mengubah kedudukan menjadi 4-1 pada menit ke-52. Suarez berhasil menceploskan bola ke dalam gawang usai menerima umpan matang dari Sergio Busquets.

Tak butuh waktu lama, tepatnya pada menit ke-57, Jose Antonio Reyes mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4 setelah memanfaatkan umpan dari Luis Vitolo.

Gol Reyes membuat pasukan Unai Emery terlecut. Menit ke-74, Mathieu menjatuhkan Vitolo di kotak penalti. Kevin Gameiro yang ditunjuk sebagai algojo melakukan tugasnya dengan baik untuk mengubah kedudukan menjadi 3-4.

Semakin seru, Sevilla mampu menyamakan kedudukan menjadi 4-4 lewat gol Yevhen Konoplyanka pada menit ke-81 memanfaatkan sodoran matang Ciro Immobile.

Sampai peluit panjang berbunyi tanda laga usai, skor sama kuat tetap bertahan. Alhasil, laga pun harus diteruskan ke babak perpanjangan waktu.

Di masa extra time, Barcelona berhasil mencetak gol pada menit ke-115. Berawal dari tendangan bebas Messi yang membentur pagar betis, bola rebound langsung disambar sepakan kaki kiri kapten timnas Argentina itu yang mampu ditepis oleh Beto. Bola liar langsung dicocor Pedro Rodriguez dan melesat mulus masuk ke gawang.

Sampai peluit panjang berbunyi tanda laga usai, tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta.

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): 1-ter Stegen; 6-Alves, 3-Pique, 14-Mascherano (7-Pedro), 24-Mathieu; 5-Busquets, 4-Rakitic, 8-Iniesta (20-Sergi Roberto); 10-Messi, 9-Suarez,12-Rafinha (15-Marc Bartra)

Pelatih : Luis Enrique

Sevilla (4-2-3-1): 13-Beto; 23-Coke, 3-Rami, 4-Krychowiak, 2-Tremoulinas; 8-Iborra (25-Mariano), 19-Banega; 10-Reyes (22-Yevhen Konoplyanka), 7-Krohn-Dehli 20-Vitolo; 9-Gameiro (11-Ciro Immobile)

Pelatih: Unai Emery

Video Populer

Foto Populer