Sukses


Dikalahkan Turki, Kans Belanda ke Piala Eropa Kian Berat

Bola.com, Konya - Turki bermain apik saat menghadapi Belanda di laga lanjutan Grup A kualifikasi Piala Eropa 2016. Tak heran, jika Ay Yildizlilar menang tiga gol tanpa balas atas skuat Oranje.

Tiga gol kemenangan Turki disarangkan Oguzhan Ozyakup di menit ke-8, Arda Turan pada menit ke-26, dan Burak Yilmaz pada menit ke-85.

Hasil ini membuat Turki naik ke posisi tiga Grup A dengan nilai 12. Mereka tertinggal tujuh angka dari Republik Ceska yang berada di puncak klasemen. Jika meraih kemenangan di dua laga terakhir, Turki berpeluang lolos ke Piala Eropa 2016 melalui babak playoff.

Sedangkan Belanda, berada di urutan keempat dengan mengoleksi 10 poin. Kesempatan, Oranje lolos dipastikan tertutup andai Turki mendulang enam poin di dua pertandingan tersisa.

Bertandang ke markas Turki di Torku Arena, Konya, Minggu (6/9/2015) malam WIB, Belanda tampil dengan formasi menyerang 4-3-3. Robin van Persie, Luciano Narsingh, dan Memphis Depay menjadi trisula maut di lini depan.

Taktik serupa juga diterapkan timnas Turki. Arda Turan, Ozan Tufan, serta Burak Yilmaz diharapkan mampu membobol gawang Belanda yang dikawal Jasper Cillessen.

Dukungan penuh suporternya yang memadati stadion, kian mendongkrak kepercayaan diri pemain Turki. Berdasarkan statistik yang dicatat ESPN, Turki mampu menguasai jalannya laga dengan 63 persen berbanding 37 persen milik Belanda.

Laga baru berjalan delapan menit, Oguzhan Ozyakup berhasil membawa Ay Yildizlilar memimpin lebih dulu. Umpan matang Arda Turan diterima dengan baik oleh Ozyakup. Dengan tenang, pemain 22 tahun tersebut berhasil mengirimkan bola ke dalam gawang lewat tendangan lob.

Tertinggal satu gol, Belanda meningkatkan tempo serangan. Dua peluang bagus didapat lewat kaki Narsingh dan Wesley Sneijder. Sayang, sepakan Narsingh pada menit ke-14 serta tendangan kaki kanan Snijder di menit ke-23 mampu dihentikan kiper.

Gool..!! Turki sukses menggandakan keunggulan di menit ke-26. Mampu merebut bola dari Daley Blind, Arda Turan merangsek masuk ke dalam kotak penalti Belanda. Dia menuntaskan aksi gemilangnya dengan menceploskan bola ke dalam gawang dengan sepakan kaki kanan.

Hingga turun minum, skor 2-0 untuk keunggulan Turki tetap bertahan.

Masuk paruh kedua, Belanda langsung tancap gas. Apalagi, mereka butuh kemenangan demi menjaga peluang lolos ke putaran final Piala Eropa 2016. Tapi lagi-lagi, usaha skuat Oranje mencetak gol selalu kandas di kaki pemain belakang Turki.

Unggul dua gol, Turki sedikit menurunkan tempo serangan. Mereka pun lebih banyak bertahan dengan hanya sesekali melancarkan serangan balik.

Luuk de Jong dan Wesley Sneijder saling bergantian mengancam gawang Turki. Sayang, sundulan De Jong pada menit ke-76 yang memanfaatkan umpan dari Sneijder masih belum menemui sasaran. Sedangkan sepakan kaki kanan Sneijder melebar di sisi kiri.

Lima menit jelang waktu normal berakhir, Turki mencetak gol ketiga, kali ini lewat kaki Burak Yilmaz. Tendangan kaki kanan Yilmaz dari dalam kotak penalti usai menerima umpan matang Caner Erkin menghujam deras gawang Belanda.

Sampai wasit meniup peluit berbunyi panjang tanda laga usai, skor 3-0 untuk kemenangan Turki tetap bertahan.

Susunan Pemain:
Turki (4-3-3): 23-V. Babacan; 4- S. Aziz, 3-H. Balta, 18-C. Erkin, 2-S. Ozbayrakli; 8- S. Inan, 7-O. Ozyakup (Olcay Sahan 83'), 5-H. Calhanoglu (Mehmet Topal 65'); 10-A. Turan (Volkan Sen 57'), 16-O. Tufan, 17-B. Yilmaz.

Belanda (4-3-3): 1-J. Cillessen; 2-G. van der Wiel, 4-J. Bruma, 3-S. de Vrij (Georginio Wijnaldum 46'), 5-J. Riedewald; 10-W. Sneijder, 6-D. Blind (Luuk de Jong 74'), 8-D. Klaassen; 9-R. van Persie, 11-L. Narsingh (Quincy Promes 69'), 7-M. Depay.

Video Populer

Foto Populer