Sukses


Suporter Malaysia Bikin Rusuh, AFC: "Kami Sangat Kecewa"

Bola.com, Kuala Lumpur - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengecam aksi pelemparan cerawat (flare) dan kembang api yang dilakukan suporter Malaysia. Akibat peristiwa itu pertandingan antara Malaysia dengan Arab Saudi dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia di Stadion Shah Alam, Selasa (8/9/2015), terpaksa dihentikan pada menit ke-88.

Para pemain kedua tim diminta masuk ke ruang ganti saat fans yang marah tak henti-hentinya melemparkan cerawat dan kembang api ke dalam lapangan. Saat pertandingan dihentikan oleh wasit, Timnas Malaysia yang dinahkodai Ong Kim Swee dalam posisi tertinggal 1-2 dari Arab Saudi.

"AFC sangat kecewa dengan peristiwa yang terjadi ini dan kami menekankan bahwa kami melihat persoalan ini dengan sangat serius," kata Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

"Sepak bola Asia mengedepankan keadilan dan integritas, dan insiden di Kuala Lumpur tidak memberikan dampak positif apapun terhadap citra permainan, tidak hanya di benua kami tapi juga seluruh dunia."

Shaikh Salman juga menambahkan bahwa AFC akan menawarkan bantuan dan dukungan yang dibutuhkan terkait penyelidikan disiplin yang akan dilakukan oleh FIFA. 

"Tindakan semacam ini tentu disesalkan oleh semua yang ingin melindungi sepak bola di Asia dan yang ingin membantu kami untuk menjadi yang terdepan," kata Salman.

Sementara itu, Malaysia gagal meraih kemenangan di level senior sepanjang tahun 2015.

Parahnya, selama fase tersebut, tim berjulukan Harimau Malaya kebobolan 18 gol dan menelan tiga kekalahan beruntun di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia dan harus puas menempati posisi juru kunci Grup A.

Ranking FIFA Malaysia juga tergolong buruk, 169, turun satu peringkat dari bulan lalu. Peringkat itu bahkan di bawah Indonesia yang terkena sanksi FIFA. Per 3 September 2015, Indonesia berada di ranking ke-165 FIFA.

Sumber : ESPN FC

Baca juga :

Petasan di Lapangan Hentikan Laga Malaysia vs Arab Saudi

Imbas Kekalahan 0-10, Suporter Malaysia Bikin Rusuh di Shah Alam

Vladimir Vujovic: Sang Pengelana Bersiap Berpetualang ke Malaysia

Video Populer

Foto Populer