Sukses


FIFA Resmi Jatuhkan Sanksi untuk Blatter dan Platini

Bola.com, Zurich - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), melalui situs resminya, Kamis (8/10/2015), resmi menjatuhkan sanksi skors kepada Presiden FIFA, Joseph Blatter, Presiden UEFA Michael Platini, dari jabatannya selama 90 hari.

"Dewan Komite Etik yang diketuai Hans Joachim Eckert, untuk sementara waktu menghukum Presiden FIFA Joseph S. Blatter, Presiden UEFA dan Wakil Presiden FIFA Michael Platini, dan Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke (yang telah dicopot jabatannya sebagai anggota FIFA) untuk kurun waktu selama 90 hari," demikian pernyataan FIFA. 

"Durasi larangan itu mungkin bisa bertambah dengan jangka waktu maksimal 45 hari. Mantan Wakil Presiden FIFA Chung Mong-joon juga menerima sanksi selama enam tahun serta denda 100.000 CHF. Saat ini, mereka dilarang mengikuti seluruh aktivitas sepak bola, baik level nasional maupun Internasional. Larangan ini berlaku sesegera mungkin," lanjut pernyataan tersebut. 

Blatter diduga telah mengambil keuntungan dalam penjualan hak siar Piala Dunia kepada Persatuan Sepak Bola Karibia (CFU) pada 2005 silam. Tindakannya tersebut dianggap telah merugikan FIFA hingga miliaran rupihan. 

Blatter juga dituduh menyalurkan uang 2,29 juta dollar AS (sekitar Rp 33,4 miliar) kepada Platini, mantan penasihat Blatter, pada 2011. Aliran dana tersebut dinilai penyelidik Komite Etik FIFA berlebihan (disloyal payment).

Platini saat ini merupakan kandidat kuat calon presiden pengganti Blatter, yang sempat menyatakan enggan maju kembali sebagai capres FIFA pada kongres 2016. Akan tetapi, dengan adanya sanksi ini, legenda tim nasional Prancis tersebut terancam gagal maju sebagai capres FIFA.

Sumber: FIFA

Baca juga: 

FIFA Akan Turut Periksa Blatter dan Platini

AFC Dukung Michel Platini Jadi Presiden FIFA

Ini Alasan Presiden FA Dukung Platini Menjadi Presiden FIFA

Pangeran Ali: Platini Tak Baik Untuk FIFA

Video Populer

Foto Populer