Sukses


Tekuk Serbia, Portugal Mantapkan Langkah ke Piala Eropa

Bola.com, Beograd - Portugal memantapkan langkah ke Piala Eropa 2016 seusai menang 2-1 atas Serbia pada laga lanjutan Kualifikasi Grup I, di Stadion Crvna Zvezda, Minggu (11/10/2015). 

Raihan tiga angka ini membuat Portugal semakin kokoh di puncak klasemen dengan poin 21 dari delapan laga, unggul tujuh angka dari Albania di posisi kedua. Sementara itu, Denmark membuntuti di posisi ketiga dengan perolehan poin 12. 

Portugal tak butuh waktu lama untuk unggul atas Serbia. Pertandingan baru berjalan lima menit, Luis Nani berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah bola hasil tendangan keras kaki kanannya dari luar kotak penalti tak mampu dihalau kiper Serbia, Vladimir Stojkovic.

Tertinggal satu gol, Serbia langsung mengambil inisiatif serangan untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-19, bola tendangan bebas Adem Ljajic masih melenceng di samping gawang Portugal.

Tercatat ada dua peluang emas Serbia pada paruh pertama yang diciptakan Aleksander Kolarov pada menit ke-27 dan Aleksander Metrovic pada menit ke-43. Namun, kedua peluang emas itu gagal dihasilkan menjadi gol. 

Selepas turun minum, upaya Serbia membuahkan hasil setelah Zoran Tosic mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol tersebut diciptakannya dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti yang bolanya meluncur masuk ke pojok kanan gawang Portugal. 

Kebobolan, Portugal langsung bereaksi. Alhasil, pada menit ke-78, Joao Moutinho sukses membuat pendukung tim tamu bersorak setelah bola hasil tendangan kaki kanannya tak mampu dibendung, Stojkovic.

Pada menit ke-80, Serbia harus bertanding dengan 10 pemain setelah Kolarov menerima kartu kuning kedua. Satu menit berselang, giliran Matic yang menerima kartu merah. Kalah jumlah pemain membuat Serbia semakin sulit menyamakan kedudukan. Skor 2-1 untuk Portugal pun tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. 

Sepanjang pertandingan, menurut catatan UEFA, Portugal menguasai bola sebanyak 43 persen dan menciptakan lima tembakan akurat dari 15 usaha. Adapun Serbia melepaskan empat peluang emas dari enam percobaan. 

Susunan pemain:
Serbia: 1-Vladimir Stojkovic; 3-Dusko Tosic, 4-Nenad Tomovic, 11-Aleksandar Kolarov (2-Ivan Obradovic 77), 13-Stefan Mitrovic; 7-Zoran Tosic (8-Miralem Sulejmani 85), 10-Dusan Tadic, 16-Luka Milivojevic, 21-Nemanja Matic, 22-Adem Ljajic; 9-Aleksandar Mitrovic (20-Petar Skuletic 85)
Pelatih: Radovan Curcic

Portugal: 1-Rui Patricio; 2-Bruno Alves (3-Carlos Luis Neto 46), 14-Jose Fonte, 18-Eliseu; 4-Miguel Veloso (8-Joao Moutinho 70), 11-Andre Andre, 13-Danilo, 17-Nani, 23-Nelson Semedo; 10-Danny (9-Éder 57), 20-Ricardo Quaresma
Pelatih: Fernando Santos

Wasit: David Fernandez Borbalán (Spanyol)

Video Populer

Foto Populer