Sukses


(Eksklusif) Kalahkan Plzen, Rapid Selangkah Lagi Lolos

Bola.com, Wina - Ambisi Rapid Vienna untuk melaju ke babak knock-out Liga Europa 2015-2016 terbuka lebar. Kepastian itu diperoleh setelah klub yang bermarkas di ibukota Austria ini sukses memetik kemenangan tipis 3-2 saat menjamu Viktoria Plzen di Stadion Ernst Happel, Wina, Jumat (23/10/2015) dini hari WIB.

"Sekarang kami bisa sedikit lega dengan hasil ini dan fokus ke liga domestik. Kemenangan ini sangat penting untuk perjalanan kami di fase grup. Setidaknya, kami bisa menjaga jarak dengan tim lain," ucap Thanos Petsos kepada bola.com dan kalangan media peliput di area mixed zone stadion.

Striker Rapid, Matej Jelic (kanan), dan bek Plzen, Lukas Hejda, mencoba mengejar bola yang mengarah ke gawang Plzen. (Bola.com / Reza Khomaini)

Petsos sendiri mencetak satu di antara tiga gol Rapid ke gawang Plzen pada menit ke-68. Dua gol lainnya diukir kapten tim, Steffen Hofmann dan Louis Schaub.

Plzen sempat mengejutkan 39 ribu pasang mata kala bomber andalannya, Duris, sukses merobek jala Rapid yang dikawal Jan Novota pada menit ke-12. Namun, keunggulan tersebut tidak bisa dipertahankan anak asuh Karel Krejci itu.

Keunggulan tersebut, bisa disamakan Rapid tepat 12 menit kemudian melalui tendangan datar Hofmann di luar kotak penalti. Sejak kedudukan imbang 1-1, praktis jalannya pertandingan dikuasai Rapid Vienna. Pada babak kedua, Rapid balik unggul dua gol hanya dalam tempo 23 menit berjalan melalui tendangan lambung Petsos dan sentuhan dada Schaub.

Sekitar 14 menit sebelum pertandingan berakhir, gelandang Plzen, Hrosovsky, berhasil mencuri satu gol melalui serangan balik yang cepat. Namun, hingga laga selesai, klub asal Ceska ini tidak mampu menyamakan kedudukan.

"Saya bangga dan juga senang tim kami bisa membahagiakan fans hari ini. Saya juga lega kami bisa melewati pertandingan dengan kemenangan. Pertandingan tadi benar-benar ketat. Lawan kami memiliki komposisi pemain yang kuat serta kerja sama tim yang bagus. Tetapi, para pemain kami bisa mengatasinya hingga akhir babak," ucap Arsitek Rapid, Zoran Barisic, saat menggelar jumpa pers usai pertandingan.

Senada dengan tim pelatih, gelandang serang Rapid, Schaub, yang tengah menanti panggilan masuk tim nasional Austria menilai kemenangan atas Plzen membuka peluang timnya untuk bisa terus berlaga di pentas antarklub Eropa.

"Tiga poin yang penting buat kami. Kemenangan ini sudah pasti memotivasi serta mengangkat kepercayaan diri para pemain. Sekarang yang kami harus lakukan adalah terus bekerja keras agar kami bisa tetap bermain di Liga Europa setelah musim dingin ini berakhir (babak knock-out, Red)," kata pemilik nomor punggung 10 di Rapid Vienna ini.

Gelandang Viktoria Plzen, Baranek (kanan), berjalan gontai saat para pemain Rapid Vienna merayakan gol kedua ke gawang Viktoria Plzen. (Bola.com / Reza Khomaini)

Dengan kemenangan ini, Rapid sejatinya tinggal mengukir hasil imbang pada salah satu laga tandang dan kemenangan mutlak saat menjamu Dinamo Minsk di laga penutup, 10 Desember mendatang.

Tambahan empat poin pada tiga laga tersisa Grup E, akan menempatkan Rapid di posisi aman untuk melaju ke babak berikutnya. Tanpa mengecilkan kekuatan Villarreal CF dan juga Plzen, kans Steffen Hofmann dkk untuk mewujudkan impian lolos dari fase grup sangat terbuka. Saat ini, bersama Napoli dan Sporting Braga, Rapid berhasil mengoleksi sembilan poin dari tiga pertandingan.

Data dan fakta pertandingan

Pencetak gol: Steffen Hofmann (34'), Thanos Petsos (67'), Louis Schaub (52') - Michal Duris (12'), Patrik Hrosovsky (76')
Stadion: Ernst Happel, Wina
Penonton: 39.400
Wasit: Craig Pawson (Inggris)
Kartu kuning: Cristopher Dibon (87') - Jan Kovarik (77')
Kartu merah: -

Susunan pemain
Rapid Vienna (4-2-3-1): 1-Jan Novota; 22-Mario Pavelic, 17-Chistopher Dibon, 20-Maximilian Hofmann, 23-Stefan Stangl; 5-Thanos Petsos, 8-Stefan Schwab; 10-Louis Schaub (18-Philipp Huspek 81'), 11-Steffen Hofmann (15-Srdjan Grahovac 62'), 14-Florian Kainz; 38-Philipp Prosenik (9-Matej Jelic 68')
Pelatih: Zoran Barisic

Viktoria Plzen (4-2-3-1): 1-Matus Kozacik; 27-Frantizek Rajtoral, 22-Jan Baranek, 2-Lukas Hejda, 8-David Limbersky; 17-Patrik Hrosovsky, 9-Ondrej Vanek (16-Jan Holenda 80'); 10-Jan Kopic (11-Milan Petrzela 58'), 7-Tomas Horava (26-Daniel Kolar 58'), 19-Jan Kovarik; 12-Michal Duris
Pelatih: Karel Krejci

Video Populer

Foto Populer