Sukses


Lewati Pencapaian Persipura, Klub asal Malaysia Juara Piala AFC!

Bola.com, Dushanbe - Publik sepak bola Malaysia bersuka cita. Di saat timnas Malaysia prestasinya tengah terpuruk, salah satu klub asal Negeri Jiran, Johor Darul Takzim FC mencetak sejarah dengan menjadi juara Piala AFC 2015. Darul Takzim menang tipis 1-0 atas Istiklol Dushanbe dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Central Republican, Dushanbe, Tajikistan, Sabtu (31/10/2014).

Gol kemenangan Darul Takzim dicetak striker asal Brasil, Luciano Figueroa pada menit 23. Darul Takzim sendiri dihuni sederet pemain langganan timnas Malaysia macam Safee Sali dan Safiq Rahim.

Klub asal Johor tersebut mencetak sejarah menjadi klub asal Malaysia pertama yang sukses menjadi jawara Piala AFC. Pencapaian ini terasa menohok bagi Indonesia. Prestasi tertinggi klub-klub Indonesia di ajang yang sama hanya sampai level semifinal. Persipura Jayapura jadi satu-satunya klub asal Tanah Air yang lolos ke semifinal pada Piala AFC 2014 silam.

Kala itu Tim Mutiara Hitam tersingkir di babak semifinal Piala AFC setelah menelan kekalahan dengan skor agregat 2-10 dari Qadsia SC. Pada duel leg pertama di Kuwait, Boaz Solossa dkk. kalah 2-4. Ironisnya saat bermain di kandang sendiri Stadion Mandala, Jayapura, Persipura yang diasuh Jacksen F. Tiago kalah 0-6.

Uniknya Persipura sempat bersua klub Malaysia lainnya, Pahang FA di fase babak 16 besar Piala AFC musim ini. Pertandingan yang semestinya dimainkan di Stadion Mandala, Jayapura, batal terselenggara karena pemain asing Pahang: Matias Conti (Argentina), Dickson Nwakaema (Nigeria), dan Damion Stewart (Jamaika) tersandung masalah Visa di Bandara Soekarno Hatta, Banten. Mereka memutuskan mudik ke Malaysia.

Persipura akhirnya terlempar dari pentas turnamen karena FIFA menjatuhkan sanksi pembekuan ke PSSI karena intervensi Kemenpora.

Kesuksesan Darul Takzim membuat publik sepak bola Malaysia bereuforia. Lini masa jejaring sosial Twitter berkaitan dengan Darul Takzim tiada henti bermunculan. Mayoritas di antaranya berisi ucapan selamat atas kesuksesan juara Piala AFC 2015.

Selepas kekalahan memalukan 0-10 dari Uni Emirat Arab di Kualifikasi Piala Dunia 2018, publik sepak bola Malaysia seperti berduka. Mereka amat berharap sepak bola Malaysia sembuh dari sakitnya.

Sanking haus prestasi, sehari menjelang final Piala AFC Perdana Menteri Malaysia, Sri Najib Tun Razak melontarkan dukungan secara terbuka di akun Twitter dan Facebook miliknya.

"Saya berdoa buat Singa Johor agar bisa sukses di final Piala AFC besok. Semoga gelar bergengsi ini bisa dibawa Malaysia untuk pertama kali," ungkap Sri Najib Tun Razak lansir Malaysiandigest.com.

Klub Johor Darul Takzim tengah naik daun dua musim terakhir. Di musim 2015 tim yang diasuh Roberto Carlos Mario Gomez tersebut sukses menjadi juara kompetisi kasta tertinggi Liga Super Malaysia dan Charity Shield. Sang juara Piala AFC 2015 tersebut pada 2014 sempat menghebohkan dengan mengontrak pemain top asal Argentina, Pablo Aimar.

Video Populer

Foto Populer