Sukses


Profil: River Plate, Bangkit Setelah Terpuruk

Bola.com - River Plate merupakan salah satu klub terbesar Argentina. Tercatat, Los Millonarios telah 36 kali menjuarai Liga Argentina sejak berdiri pada 25 Mei 1901.

Namun, prestasi tersebut sulit didapat River Plate pada ajang Copa Libertadores. River Plate hanya mampu tiga kali menjuarai turnamen terbesar antarklub Amerika Latin itu, masing-masing pada 1986, 1996, dan 2015.

Padahal, "bonus" dari memenangi Copa Libertadores adalah berlaga di Piala Interkontinental (sekarang bernama Piala Dunia Antarklub). Alhasil, River Plate baru berlaga di ajang tersebut sebanyak dua kali.

Kejayaan River Plate sempat meredup pada 2011. Untuk kali pertama sepanjang sejarah sepak bola Argentina, River Plate terdegradasi. Beruntung, River Plate tak lama menjajal kasta kedua Liga Argentina. Setahun kemudian, River Plate kembali ke kancah tertinggi sepak bola Argentina.

Bahkan, River Plate langsung menjuarai Liga Argentina pada 2014. Prestasi berikutnya berlanjut dengan memenangi Copa Libertadores 2015, setelah mengalahkan Tigers UANL pada final.

Kepastian itu membawa River Plate berlaga di Piala Dunia Antarklub 2015. Los Millonarios berharap bisa meraih gelar Piala Dunia Antarklub keduanya.

Saat menjalani debut pada ajang ini, 29 tahun silam, River Plate meraih kemenangan 1-0 atas juara Eropa, Steaua Bucharest. Namun, River Plate gagal mengulangi prestasi serupa saat kalah 0-1 dari Juventus pada 1996.

Setelah hampir 20 tahun absen, River Plate kembali berlaga di Piala Dunia Antarklub. Pasukan Marcelo Gallardo akan bertemu tuan rumah, Sanfrecce Hiroshima, pada babak semifinal di Nagai Stadium, Osaka, Rabu (16/12/2015) malam WIB.

Dari segi nama besar, River Plate tentu lebih difavoritkan ketimbang Sanfrecce Hiroshima. Apalagi, River Plate saat ini dihuni gabungan antara pemain muda dan pemain berpengalaman.

River Plate memiliki para pemain potensial, seperti Eder Alvarez Balanta, Matias Kranevitter, dan Emanuel Mammana. Para pemain muda bakal mendapat ilmu dari beberapa pemain senior, antara lain Javier Saviola, Leonardo Pisculichi, Leonardo Ponzio, dan Lucho Gonzalez.

Profil singkat River Plate

Nama lengkap: Club Atletico River Plate
Berdiri: 25 Mei 1901
Pelatih: Marcelo Gallardo
Prestasi bergengsi:
- 36 kali juara Liga Argentina
- 3 kali juara Copa Libertadores
- 1 kali juara Piala Interkontinental

Sumber: FIFA

Video Populer

Foto Populer