Sukses


5 Hal Istimewa yang Bikin Messi Jadi Pemain Terbaik Dunia

Bola.com, Barcelona - Megabintang Barcelona, Lionel Messi, meraih gelar FIFA Ballon d'Or 2015 pada Selasa (12/1/2016) dini hari WIB setelah mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Neymar. Berikut ini lima hal istimewa Messi yang menjadikannya pemain terbaik dunia.

Pada acara malam penghargaan yag berlangsung di Zurich Kongresshaus, Zurich, Messi mendapatkan suara terbanyak dengan 41,33 persen. Pemain berkebangsaan Argentina itu mengalahkan bintang asal Real Madrid, Cristiano Ronaldo, yang mengumpulkan 27,76 persen suara. Posisi ketiga menjadi milik pemain Barcelona lainnya, Neymar, dengan 7,86 suara.

Ini adalah kelima kalinya Messi meraih gelar FIFA Ballon d'Or. La Pulga meraih empat gelar sebelumnya pada 2009, 2010, 2011, dan 2012. Penahbisan Messi sebagai pemain terbaik dunia 2015 sebenarnya sudah bisa diprediksi.

La Pulga membawa Barca meraih lima gelar sepanjang tahun 2015, yakni Gelar La Liga, Piala Raja Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Di level negara, Messi membawa Timnas Argentina ke final Coppa America. Namun, Argentina dikalahkan tuan rumah Cile di partai final.

Messi juga mencatatkan penampilan impresif sepanjang tahun 2015. Di ajang La Liga, ia total membuat 37 gol dan 15 assist sepanjang tahun 2015, di Copa Del Rey ia membuat 7 gol dan 5 Assist. Capaiannya di Liga Champions juga tidak kalah bagusnya, di mana ia membuat 5 gol dan 2 assist bagi El Blaugrana.

Di level Timnas, Messi juga membuat sejumlah catatan yang bagus. Di ajang Copa America misalnya, La Pulga membuat 1 gol dan 3 assist, sedangkan pada laga uji coba ia mencetak 3 gol bagi Tim Tango.

1. Dribble Unik

Lionel Messi memiliki gaya menggiring bola unik, yang membuatnya mampu dengan mudah mengelabui lawan. (Reuters/Sergio Perez)

Messi memang memiliki cara menggiring bola uang unik. Cara Messi menggiring bola berbeda dengan Cristiano Ronaldo yang powerful atau Gareth Bale yang penuh dengan kecepatan. Cara Messi menggiring bola dipenuhi dengan gerakan-gerakan tidak terduga yang membuatnya sangat sulit dihentikan. Saat menggiring bola, Messi bisa tiba-tiba berhenti atau berbelok arah secara tidak terduga.

Yang dilakukan Messi sebenarnya sangat sederhana, namun memang tidak banyak orang bisa melakukannya. Messi tidak berlari sekencang Gareth Bale atau menggunakan tenaga sebesar Cristiano Ronaldo, yang dia lakukan justru mengubah-ubah kecepatan dan arah geraknya berkali-kali.

Saat menggiring bola, ia tidak terus-menerus berlari dalam kecepatan penuh. Tetapi, dia berlari dan berhenti secara tiba-tiba serta berbelok arah. Terdengar sederhana, namun tidak ada banyak orang yang mampu melakukan ini. Pasalnya dibutuhkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh yang luar biasa untuk melakukan hal ini.

2. Pantang Menyerah

Lionel Messi juga memiliki semangat pantang menyerah ketika beradu fisik dengan bek lawan. Sehingga, tak mudah merebut bola dari kakinya. (Reuters/Sergio Perez)

Argentina memang terkenal sebagai negara penghasil para pemain bertipikal menyerang dengan gocekan aduhai. Namun, kelemahan utama para pemain Argentina adalah mudah sekali terjatuh jika mengalami kontak fisik dengan lawan.

Messi bukanlah pemain seperti itu. Meskipun bertubuh kecil, Messi tak mudah menyerahkan bola ketika menghadapi kontak fisik dari lawan. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Messi langsung bangun ketika terjatuh dan berusaha kembali merebut bola.

3. Kelenturan

Lionel Messi memiliki kelenturan otot yang luar biasa. Kelenturan tersebut sangat membantunya ketika menggiring bola. (Reuters/Sergio Perez)

Kelenturan adalah salah satu kunci Messi untuk mengeluarkan gerakan ajaib dalam melewati hadangan lawan. Ya, Messi memang dianugerahi kelenturan tubuh yang luar biasa. Contohnya pada saat ia menggiring bola.

Gaya Messi dalam menggiring bola sejauh 10 meter akan lebih melelahkan ketimbang kita berlari sprint sejauh 100 meter. Pasalnya, Messi berkali-kali melakukan perubahan kecepatan, yang artinya otot-otot yang bekerja harus melakukan kontraksi dan relaksasi berulang-ulang kali.

Dalam kondisi tersebut, produksi asam laktak pada otot (yang akan memberikan sensasi rasa pegal) akan lebih besar sehingga membuat seseorang akan lebih cepat merasa lelah.

4. Akurasi Umpan

Lionel Messi bagaikan memiliki mata di belakang kepalanya. Dia mampu melihat posisi rekannya yang berdiri bebas. (Reuters/Sergio Perez)

Tak hanya dianuegarhi kemampuan hebat dalam menjebol jala lawan, Lionel Messi juga bagaikan memiliki mata ketiga di belakang kepala. Dia selalu tahu di mana posisi rekannya yang berdiri bebas.

Jumlah assist Messi pun luar biasa. Dalam dua edisi terakhir di Liga Champions, Messi membuat total 34 assist, atau yang terbanyak dibandingkan para pemain lain di posisi penyerang.

Sepanjang tahun 2015, Messi menciptakan 15 assist di ajang La Liga. Di Piala Raja, Messi menciptakan lima assist. Adapun di Liga Champions, dia membuat dua assist bagi Balugrana.

5. Kecerdasan

Messi mampu membuat keputusan dengan cepat dan terkadang mengecoh rekan setimnya. (Reuters/Sergio Perez)

Messi juga menonjol karena kemampuannya membaca permainan, memetakan jalan ke gawang lawan dalam pikirannya sebelum lawan melakukannya. Itu kunci untuk memahami mengapa dia bisa menjadi predator ganas di depan gawang lawan.

Lionel Messi mampu berpikir dan mengambil keputusan dengan cepat, apakah harus menusuk masuk ke dalam kotak penalti atau melakukan tembakan langsung. Tak jarang, Messi mengecoh rekan setimnya sendiri. Andres Iniesta dan Xavi Hernandez pernah mengakuinya.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer