Sukses


Perjalanan Johan Cruyff di Aztecs dan Diplomats

Bola.com, Los Angeles - Johan Cruyff pernah mengatakan bakal pensiun pada usia 31 tahun. Saat itu merupakan musim terakhir Cruyff membela Barcelona.

Selama 14 tahun, Cruyff memiliki karier cemerlang di Ajax Amsterdam dan Barcelona. Kariernya bersama tim nasional Belanda pun bisa dibilang baik, meski tidak berhasil membawa Belanda menjadi juara dunia.

Akan tetapi, keinginan Cruyff gantung sepatu ditarik kembali. Tawaran bergabung ke Los Angeles Aztecs diterima Cruyff pada 1979.

Cruyff pun merasakan karier di sepak bola Amerika Serikat. Aztecs berlaga di North American Soccer League (NASL). Sebelum bergabung ke Aztecs, Cruyff hampir bermain untuk New York Cosmos.

Karier Cruyff bersama Aztecs berjalan singkat. Dia hanya semusim berlaga di sana dengan menghasilkan 14 gol dalam 27 pertandingan.

Pada musim berikutnya, Cruyff membela klub Amerika Serikat lain, yakni Washington Diplomats. Dia merasakan dua musim bersama Diplomats dengan catatan 32 laga dan 12 gol.

Cruyff kemudian balik ke kampung halamannya untuk melanjutkan karier di Ajax Amsterdam. Dia menutup perjalanan karier sebagai pesepak bola bersama Feyenoord Rotterdam pada musim 1983-1984.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer