Sukses


Bintang Muda Piala Eropa 2016: Robert Mak

Bola.com, Jakarta - Selain Marek Hamsik, tim nasional Slovakia memiliki pemain andalan lain, yakni Robert Mak. Mak terbukti mampu beradaptasi dengan baik sejak dipercaya tampil membela Slovakia pada 2013.

Mak kini telah menjadi inti skuat Slovakia pada laga-laga internasional. Hanya dalam tiga tahun, pemain kelahiran 8 Maret 1991 itu sudah tampil sebanyak 26 pertandingan yang melibatkan Slovakia.

Karier Mak bersama Slovakia berawal dari kategori usia 17 tahun. Mak lantas berkembang dan dipercaya tampil untuk kelompok usia 19 tahun dan 21 tahun.

Meningkatkan performa Mak merupakan hasil kerja kerasnya di Inggris. Mak adalah pemain yang menimba ilmu bersama Manchester City sejak 2004 atau saat masih berusia 13 tahun.

Program latihan di Manchester City membuat Mak tumbuh menjadi pemain yang lebih baik. Akan tetapi, sang pemain gagal menembus skuat utama Manchester City dan terpaksa dilego ke klub Jerman, Nuremberg pada 2010.

Gelandang tim nasional Slovakia, Robert Mak. (AFP/Sergei Supinsky)

Pindah ke Nuremberg ternyata menjadi berkah bagi Mak. Selama empat tahun, Mak melakoni 81 pertandingan Nuremberg dan sukses mencetak delapan gol.

Awal musim 2014, Mak memutuskan melanjutkan karier bersama PAOK FC. Penampilan Mak meningkat pesat dengan mencetak 28 gol dalam 78 pertandingan PAOK FC di berbagai ajang dalam dua musim terakhir.

Di timnas Slovakia, Mak memiliki multiperan. Tidak hanya andal sebagai pemain sayap, pemain kelahiran Bratislava itu juga piawai ketika ditempatkan sebagai gelandang untuk menemani Hamsik.

Video Populer

Foto Populer