Sukses


Bintang Muda Piala Eropa 2016: Kolbeinn Sigthorsson

Bola.com, Jakarta - Dalam enam tahun terakhir, lini depan tim nasional Islandia bergantung kepada Kolbeinn Sigthorsson. Pemain yang kini berusia 26 tahun itu terbukti menjadi striker tajam untuk Islandia.

Hingga kini, Sigthorsson telah tampil sebanyak 39 pertandingan Islandia pada level internasional. Dia mampu melesakkan 20 gol, sekaligus menjadikannya pemain kedua tersubur di Islandia.

Rekor pencetak gol terbanyak Islandia masih dipegang legenda hidup, Eidur Gudjohnsen. Namun, dengan hanya selisih enam gol, rekor Gudjohnsen sepertinya akan dilewati Sigthorsson.

Pasalnya, Sigthorsson akan tetap menjadi andalan lini depan Islandia pada Piala Eropa 2016. Sementara itu, Gudjohnsen yang juga dipanggil memperkuat Islandia, hanya berperan sebagai motivator tim, sebab usianya kini sudah 37 tahun.

Karier Sigthorsson melejit setelah tampil tajam bersama AZ Alkmaar pada musim 2010-2011. Selama semusim membela AZ, Sigthorsson membukukan 15 gol dalam 32 pertandingan Eredivisie.

Ketajaman itu membuat Ajax Amsterdam tertarik. Dia kemudian dibeli Ajax dengan banderol sekitar 4,5 juta euro. Bersama Ajax, Sigthorsson mendapat pelajaran berharga karena dilatih dua legenda Belanda, Frank de Boer dan Dennis Bergkamp.

Selama lima musim berseragam Ajax, Sigthorsson mencetak 35 gol. Sang pemain lantas dilego ke klub Prancis, Nantes, pada musim 2015-2016.

Penyerang tim nasional Islandia, Kolbeinn Sigthorsson. (AFP/Georges Gobet)

Video Populer

Foto Populer