Sukses


Prediksi Wales Vs Slovakia: Panggung Gareth Bale

Bola.com, Bordeux - Bomber Real Madrid, Gareth Bale, akan menjadi sosok utama pada pertandingan pertama Grup B Piala Eropa 2016 antara tim nasional Wales melawan Slovakia, di Nouveau Stade de Bordeaux, Sabtu (11/6/2016). Bagi Bale, ini adalah kesempatan unjuk gigi di level tinggi. 

Di level klub, performa Bale sudah tidak perlu diragukan lagi, setelah mampu membawa Los Blancos meraih dua gelar Liga Champions. Namun, di ajang Piala Eropa, ceritanya bisa berbeda. Apalagi, ini adalah kali pertama pasukan Chris Coleman tampil di turnamen internasional. 

Terakhir kali Wales ikut serta dalam turnamen resmi terjadi pada 20 tahun silam saat tampil pada Piala Eropa 1976. Namun, kala itu, meski mampu lolos sebagai juara grup, Wales gagal lolos ke semifinal setelah dikalahkan tuan rumah, Yugoslavia 3-1 pada pertandingan play-off. 

Kini, harapan melangkah jauh di ajang Piala Eropa 2016 kembali terbuka. Di Grup B, Wales harus bersaing melawan Rusia, Inggris, dan Slovakia. Melawan tiga negara tersebut, khususnya tim nasional Inggris, Bale jelas bakal menjadi tumpuan utama karena memiliki pengalaman berkarier di Premier League.

Belum lagi melihat peran besar Bale ketika mengangkat performa Wales pada babak kualifikasi. Bahkan, menurut catatan BBC, pemain berusia 26 tahun mencetak 64 persen gol Wales selama babak tersebut (delapan dari 11 gol). Bila digabung dengan assist, kontribusi Bale sebesar 82 persen. 

"Bagi saya, ini mungkin akan menjadi pertandingan penting dan lebih dari sekadar laga grup biasa. Ini adalah pertandingan yang saya tunggu-tunggu. Tidak ada tekanan kepada kami dan kami yakin bisa memulai turnamen ini dengan baik pada pertandingan nanti," kata Bale. 

Pelatih Wales, Coleman, menambahkan, seluruh pemain dalam tim serta masyarakat Wales bakal sangat termotivasi untuk tampil maksimal. Apalagi, jika mampu menang atas Slovakia, tentunya bakal menjadi kado istimewa bagi Coleman yang baru saja merayakan ulang tahun ke-46. 

"Ada banyak pemain yang membawa kami hingga mencapai putaran final. Inti dari nilai permainan kami harus sama. Kami semua harus dapat berkonsentrasi terhadap performa. Ini adalah waktu untuk tampil dan berjuang seperti yang sudah kami lakukan sebelumnya," kata Coleman. 

Di sisi lain, rasa percaya diri tinggi juga ditampilkan kubu Slovakia. Meski memiliki status sama sebagai debutan di ajang Piala Eropa, tim asuhan Jan Kozac tentunya tidak dapat dianggap remeh Wales. Bahkan, performa mereka dalam lima laga terakhir pun lebih baik ketimbang Wales. 

Teranyar, Slovakia bermain imbang tanpa gol dengan Irlandia Utara, pada 5 Juni lalu. Namun, yang menggemparkan adalah saat mereka mampu mengalahkan juara dunia, Jerman, 3-1, dalam pertandingan uji coba, 29 Mei lalu. Sebelumnya, Slovaia juga menang 3-1 atas Georgia. 

Kozac mengatakan, timnya bakal menjadikan modal bagus tersebut sebagai motivasi mengawali babak penyisihan grup. Menurut dia, meski Wales memiliki bintang sekelas Gareth Bale, peluang Slovakia memenangi pertandingan tetaplah terbuka lebar pada laga malam nanti. 

"Saya tidak ingin membicarakan detail mengenai Bale. Namun, saya memang menghormatinya. Akan tetapi, Wales tidak hanya Bale. Ini adalah permainan tim. Mereka memiliki pemain-pemain top dari Inggris. Kami akan berupaya maksimal untuk meraih kemenangan," kata Kozac. 

Prakiraan susunan pemain
Wales: Wayne Hennessey; Ben Davies, Ashley Williams, James Chester; Neil Taylor, Andy King, Joe Allen, Aaron Ramsey, Chris Gunter, Gareth Bale; Sam Vokes
Pelatih: Chris Coleman

Slovakia: Matus Kozacik; Peter Pekarik, Martin Skrtel, Jan Durica, Dusan Svento; Jurac Kucka, Viktor Pecovsky, Robert Mak, Marek Hamsik, Vladimir Weiss; Adam Nemec
Pelatih: Jan Kozac

Head to head
12/9/2007 - Slovakia 1-5 Wales (Kualifikasi Piala Eropa)
7/10/2006 - Wales 1-5 Slovakia (Kualifikasi Piala Eropa)

Lima pertandingan terakhir Wales
5/6/2016 - Swedia 3-0 Wales (Uji coba)
29/3/2016 - Ukraina 1-0 Wales (Uji coba)
25/3/2016 - Wales 1-1 Irlandia Utara (Uji coba)
14/11/2015 - Wales 2-3 Belanda (Uji coba)
14/10/2015 - Wales 2-0 Andorra (Kualifikasi Piala Eropa)

Lima pertandingan terakhir Slovakia
5/6/2016 - Slovakia 0-0 Irlandia Utara (Uji coba)
29/5/2016 - Jerman 1-3 Slovakia (Uji coba)
27/5/2016 - Slovakia 3-1 Georgia (Uji coba)
30/3/2016 - Irlandia 2-2 Slovakia (Uji coba)
26/3/2016 - Slovakia 0-0 Latvia (Uji coba)

Prediksi Bola.com
Wales 50 - 50 Slovakia

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer