Sukses


5 Pemain Tertua pada Ajang Piala Eropa 2016

Bola.com, Jakarta - Kompetisi Piala Eropa 2016 bukan hanya ajang bagi para pemain muda saja. Tetapi, juga merupakan kesempatan bagi para pemain senior untuk tetap membuktikan diri bahwa mereka masih bisa memberikan sumbangsih untuk negara.

Republik Irlandia menjadi tim yang paling banyak menggunakan para pemain senior. Pelatih Martin O'Neill memutuskan memanggil 11 pemain yang berusia di atas 30 tahun. Menurut situs UEFA, Republik Irlandia memiliki rata-rata usia skuat 29 tahun dan 39 hari.

Kita masih bisa menyaksikan kiper Shay Given, yang sudah berusia 40 tahun, dalam tim Republik Irlandia. Tak hanya itu saja, John O'Shea, Wes Hoolahan, Robbie Keane, dan Daryl Murphy, yang sudah berusia di atas 33 tahun masih tetap dipanggil.

Namun, rata-rata pelatih dari 24 tim yang berlaga pada ajang Piala Eropa 2016 kali ini tetap mengikutsertakan beberapa pemain senior dalam 23 skuat mereka. Itu karena terkadang pengalaman dari para pemain gaek ini sangat mahal.

Karena sering mengikuti berbagai kompetisi besar, mereka rata-rata sudah mengetahui bagaimana cara untuk menghadapi tekanan, cara membangkitkan semangat para yunior di timnya, dan cara untuk menenangkan para yunior ketika mereka merasa gugup. Berikut lima pemain tertua yang berlaga di Piala Eropa 2016 kali ini.

1. Gabor Kiraly (Hungaria)

Lima pemain tertua pada ajang Piala Eropa 2016. (AFP)

Penjaga gawang Gabor Kiraly menjadi pemain tertua yang berlaga pada ajang Piala Eropa 2016 kali ini. Pemain bernama lengkap Gabor Ferenc Kiraly itu lahir di Szombathely, Hungaria, 1 April 1976. Dengan demikian, dia kini sudah berusia 40 tahun.

Kiraly melakoni debut bersama timnas Hungaria pada 25 Maret 1998 pada partai melawan Austria. Sejak saat itu, mantan pemain Fulham dan Crystal Palace itu sudah memiliki 103 caps memperkuat negaranya.

Meski demikian, gelaran Piala Eropa 2016 kali ini merupakan turnamen terbesar yang pernah dia ikuti. Pasalnya, Kiraly umumnya hanya mampu mengantar Hungaria sampai pada babak kualifikasi saja, tak sampai putaran final.

Sepanjang kariernya, Kiraly pernah memperkuat tim-tim asal Inggris dan Jerman. West Ham, Bayer Leverkusen, Fulham, Aston Villa, Burnley, Crystal Palace, Hertha Berlin, TSV 1860 Muenchen adalah beberapa klub yang pernah dibela sang kiper veteran.


2. Shay Given (Republik Irlandia)

Lima pemain tertua pada ajang Piala Eropa 2016. (AFP)

Posisi pemain tertua kedua yang berlaga di Piala Eropa 2016 menjadi milik penjaga gawang Republik Irlandia, Shay Given. Dia hanya lebih muda beberapa hari saja dari Kiraly.

Pemain bernama lengkap Shay John James Given itu lahir di Lifford, County Donegal, Irlandia, pada 20 April 1976. Usianya kini sudah menginjak 40 tahun.

Ini menandai kali kedua Given tampil pada putaran final Piala Eropa. Sebelumnya, mantan penggawa Newcastle United itu memperkuat Republik Irlandia pada ajang Piala Eropa 2012.

Shay Given melakoni debut bersama timnas Republik Irlandia pada partai melawan Rusia pada 27 Maret 1996. Kemudian, dia dipercaya sebagai penjaga gawang utama tim pada ajang Piala Dunia 2002.

Given sebenarnya sempat menyatakan pensiun dari dunia internasional pada 13 Agustus 2012. Namun, dia membatalkan niatnya setelah mendapatkan panggilan memperkuat timnas pada 14 Januari 2013. Sejauh ini, Shay Given sudah memperkuat timnas Republik Irlandia pada 133 pertandingan.

3. Gianluigi Buffon (Italia)

Lima pemain tertua pada Piala Eropa 2016. (AFP)

Siapa yang bisa meragukan kehebatan kiper yang satu ini. Gianluigi Buffon adalah role model bagi kiper karena memiliki kharisma serta kemampuan di atas rata - rata pemain seusianya.

Memperkuat timnas Italia sejak debutnya di tahun 1997, Buffon telah berpartisipasi pada empat gelaran Piala Eropa. Tercatat pemain berusia 38 tahun tersebut telah masuk skuad Italia sejak Piala Eropa 2004.

Pada turnamen keempatnya di Polandia dan Ukraina, Buffon nyaris mempersembahkan Piala Eropa pertamanya untuk Gli Azzuri. Sayangnya pada partai final Italia tampil buruk setelah dikalahkan Spanyol dengan skor 0-4. Buffon bertekad untuk menjuarai Piala Eropanya tahun ini sebelum memutuskan pensiun dari timnas Italia.


4. Ricardo Carvalho (Portugal)

Lima pemain tertua di Piala Eropa 2016. (AFP)

Ricardo Carvalho adalah pemain di luar posisi penjaga gawang yang memiliki usia tertua pada ajang Piala Eropa 2016 kali ini. Dia berusia 38 tahun dan lahir pada 18 Mei 1978.

Memperkuat timnas Portugal sejak 11 Oktober 2003, Carvalho hampir mengantarkan Portugal juara Eropa di tahun berikutnya. Piala Eropa 2004 yang digelar di tanah kelahirannya terasa pahit, karena Portugal ditekuk negara yang saat itu menjadi kuda hitam, Yunani, dengan skor tipis 0-1. Sejak memperkuat timnas Portugal, dia menorehkan lima gol dan 86 penampilan.

5. John O'Shea (Republik Irlandia)

Lima pemain tertua pada ajang Piala Eropa 2016. (AFP)

Selain Shay Given, Irlandia menyumbang John O'Shea sebagai salah satu pemain uzur pada Piala Eropa 2016. Pemain kelahiran 30 April 1981 ini telah membela timnas Irlandia sejak 15 Agustus 2001.

Tercatat mantan pemain Manchester United ini telah 111 kali memperkuat Irlandia dan menyumbang tiga gol. Piala Eropa kali ini menjadi yang kedua setelah Piala Eropa 2012 empat tahun yang lalu.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

 

Video Populer

Foto Populer