Sukses


5 Pemain Terpendek di Piala Eropa 2016

Bola.com, Jakarta - Kecil-kecil cabe rawit, pepatah itu tampaknya sangat sesuai untuk menggambarkan kemampuan 5 pemain yang berlaga pada ajang Piala Eropa 2016 kali ini. Meski memiliki tubuh berukuran mungil, para pemain ini mampu membuktikan diri sebagai bintang lapangan.

 

Setiap manusia memang dianugerahi oleh Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, terkadang kekurangan bisa dimanfaatkan sebagai suatu kelebihan tak terduga.

Kekurangan bukan menjadi halangan bagi kita untuk melakukan hal yang kita sukai secara maksimal. Kita bisa menyiasati berbagai kekurangan itu dan memnfaatkannya untuk menjadi senjata rahasia yang hanya kita sendiri yang punya.

Hal itulah yang kini dimiliki beberapa pemain yang memperkuat beberapa timnas pada Piala Eropa 2016. Menyandang predikat sebagai pemain dengan tinggi tubuh di bawah standar masyarakat Eropa tidak membuat para pemain ini minder. Justru dengan tubuh yang pendek, pemain - pemain ini menunjukkan kekuatan tersembunyi yang dapat mengecoh lawannya.

Kecepatan, akselerasi, dan dribble menawan umumnya menjadi kekuatan utama dari para pemain yang berukuran mungil. Mereka telah menunjukkan bahwa prestasi dibuktikan melalui permainan lapangan, bukan dari fisik yang mungil yang lantas dicap lemah.

Berikut ini adalah lima pemain bertubuh paling mungil di Piala Eropa 2016:

1. Pedro Rodriguez (Spanyol)

Lima pemain termungil di Piala Eropa 2016. (AFP)

Pemain bernama lengkap Pedro Eliezer Rodriguez Ledesma itu hanya memiliki tinggi badan 167 cm, atau tinggi badan yang rata-rata dimiliki oleh orang Indonesia. Meski demikian, Pedro mampu membuktikan diri mampu berprestasi di lapangan.

Berbekal kecepatan mumpuni dan tolakan awal aduhai, Pedro seringkali mampu mengecoh para pemain bertahan lawan yang memiliki badan lebih besar. Tak hanya itu, Pedro juga memiliki kemampuan menembak dari jarak jauh yang baik.

Bersama Chelsea musim ini, pemain berusia 28 tahun itu bermain selama 2044 menit dan menciptakan tujuh go serta dua assist. Tingkat akurasi umpannya mencapai angka 83,8 persen dari total 33,4 umpan per pertandingan. Dalam setiap pertandingan, Pedro rata-rata enam kali mengelabui bek lawan.

Pedro memulai debut bersama timnas Spanyol pada laga persahabatan melawan Arab Saudi (20/5/2016). Sejak saat itu, pemain kelahiran 28 Juli 1987 itu sudah memiliki 56 caps memperkuat La Furia Roja dan menciptakan 17 gol. Gelar PIala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 berhasil dia persembahkan untuk Tim Matador.


2. Jamie Ward (Irlandia Utara)

Lima pemain termungil di Piala Eropa 2016

Gelandang asal Irlandia Utara, Jamie Ward, hanya memiliki tinggi badan 165 cm. Dia bermain bersama klub Nottingham Forrest, atau kompetisi yang berada satu kasta di bawah Premier League.

Meski tidak cepat seperti para pemain mungil pada umumnya. Tetapi, Ward memiliki kelenturan tubuh yang luar biasa. Tak hanya itu saja, pemain berusia 30 tahun itu memiliki sepakan jarak jauh yang terukur.

James Ward memulai kiprah internasional dengan memperkuat timnas Irlandia Utara U-18 dan kemudian dipromosikan ke tim U-21. Partai debut mantan penggawa Derby County itu hadir pada 10 Agustus 2011 pada partai melawan Kepulauan Faroe.

Hingga saat ini, Jamie Ward tampil 20 kali memperkuat timnas Irlandia Utara dan menciptakan dua gol. Prestasi terbaik Ward sejauh ini adalah membawa Irlandia Utara berlaga di putaran final Piala Eropa 2016.

3. Lorenzo Insigne (Italia)

Lima pemain termungil di Piala Eropa 2016. (AFP)

Insigne sedang memasuki masa keemasannya, yakni pada usia 25 tahun. Berbekal tinggi 163 cm, sayap kiri napoli ini mempunyai kelebihan mengalirkan umpan akurat dengan presentase keberhasilan sebanyak 80 persen. Ajang Piala Eropa tahun ini merupakan yang pertama baginya sejak memperkuat Gli Azzuri sejak 2012 kala debutnya melawan Malta.

4. Emre Mor (Turki)

Lima pemain termungil di Piala Eropa 2016. (AFP)

Pemain yang baru saja bergabung bersama klub Jerman, Borrusia Dortmund, itu hanya memiliki tinggi badan 168 cm. Saat ini pemain berusia 18 tahun tersebut tengah menjadi buah bibir pendukung timnas Turki.

Debutnya melawan Montenegro pada 29 Mei 2016, berhasil mendapat sambutan baik dari penonton yang hadir. Bahkan setelah pertandingan tersebut ramai-ramai publik Ay Yildizlilar (julukan timnas Turki) menjulukinya Messi dari Turki karena kecepatan dan kemampuannya dalam membawa bola yang dinilai hampir mirip pemain Argentina itu.

5. Raheem Sterling (Inggris)

Lima pemain termungil di Piala Eropa 2016. (AFP)

Raheem Sterling menjadi buah bibir pembicaran publik Inggris ketika diboyong Manchester City dari Liverpool seharga 49 juta poundsterling (1 triliun rupiah).

Dengan tinggi 170 badan cm, Sterling dianugerahi kemampuan berlari sambil mengolah bola dengan baik. Pemain berusia 21 tahun itu telah bermain bersama negeri Ratu Elizabeth sejak memperkuat timnas U16. Bersama timnas senior, Sterling telah mencetak dua gol dari 23 penampilan sejak debutnya pada 14 November 2012.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

 

 

Video Populer

Foto Populer