Sukses


Aturan Peringkat Ketiga Terbaik pada Fase Grup Piala Eropa 2016

Bola.com - Penyelenggaran Piala Eropa 2016 memang spesial karena menandai sejarah baru sepanjang penyelenggaraan turnamen tersebut. Untuk kali pertama, Piala Eropa 2016 diikuti 24 negara peserta yang terbagi ke dalam enam grup.

Bertambahnya kuota negara peserta membuka peluang bagi negara-negara non-unggulan yang sebelumnya mempunyai kesempatan terbatas untuk lolos ke Piala Eropa 2016. Selain itu, fase knock-out berubah dari tadinya mulai diisi delapan negara, kini menjadi 16 negara.

Selain para juara dan runners-up masing-masing grup, empat negara peringkat ketiga terbaik juga berkesempatan untuk lolos ke babak 16 besar. Perhitungan juara grup dan runners-up tentu sudah menjadi hal yang familiar bagi para penikmat sepak bola. Lalu, bagaimana UEFA mengatur posisi para negara peringkat ketiga di fase knock-out?

Para negara peringkat ketiga mempunyai klasemen tersendiri untuk mengurutkan siapa yang terbaik. Paramater utama untuk menentukan peringkat jelas adalah poin yang berhasil dikumpulkan di fase grup.

UEFA juga sudah menentukan tie-breaker jika ada negara yang memiliki poin sama, yaitu secara berurutan selisih gol, gol yang dicetak, peringkat fair play, dan terakhir peringkat koefisen negara dalam daftar UEFA.

Keempat negara peringkat ketiga nantinya akan menghadapi para juara grup di fase knock-out. UEFA telah menyiapkan 15 kemungkinan skenario yang akan terjadi di babak 16 besar.

Salah satu kemungkinan tersebut adalah jika peringkat tiga yang lolos berasal dari A, B, C, dan D, maka juara grup A akan bertemu dengan peringkat tiga grup C, juara grup B dengan peringkat tiga grup D, juara grup C dengan peringkat tiga grup A dan juara grup D dengan peringkat tiga grup B.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah bagan probabalitas yang telah ditetapkan UEFA:

Peringkat Ketiga Terbaik
Juara Grup A Vs
Juara Grup B Vs
Juara Grup C Vs
Juara Grup D Vs
A B C D
3C
3D
3A
3B
A B C E
3C
3A
3B
3E
A B C F
3C
3A
3B
3F
A B D E
3D
3A
3B
3E
A B D F
3D
3A
3B
3F
A B E F
3E
3A
3B
3F
A C D E
3C
3D
3A
3E
A C D F
3C
3D
3A
3F
A C E F
3C
3A
3F
3E
A D E F
3D
3A
3F
3E
B C D E
3C
3D
3B
3E
B C D F
3C
3D
3B
3F
B C E F
3E
3C
3B
3F
B D E F
3E
3D
3B
3F
C D E F
3C
3D
3F
3E

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer