Sukses


Eks Bintang Timnas Nigeria Bicara Soal Duel Italia vs Spanyol

Bola.com, Jakarta - Pertandingan Italia vs Spanyol, di Stade de France, Senin (27/6/2016), menjadi laga besar yang terjadi di babak perempat final Piala Eropa 2016. Pertemuan kedua tim besar itu menjadi perhatian banyak kalangan, termasuk Mutiu Adepoju, eks striker timnas Nigeria. 

Adepoju pernah bermain membela Nigeria kala menghadapi Spanyol di Piala Dunia Prancis 1998. Kala itu Adepoju mencetak gol pembuka dan Nigeria menang 3-2 di babak penyisihan grup D. 

Sepanjang karir bermainnya, Adepoju banyak menghabiskan waktu di Liga Spanyol bersama tim Real Madrid B, Racing Santander, Salamanca, dan Real Sociedad. Bagaimana Adepoju melihat duel Spanyol vs Italia dan perkembangan tim Matador sekarang? Berikut petikan wawancaranya melalu email:

Bagaimana analisis Anda tentang pertandingan Italia vs Spanyol di Piala Eropa 2016?
Pertandingan kedua tim itu akan berjalan menarik, mengingat rivalitas mereka yang selama ini terjadi. Saya tidak akan menyebut pertandingan nanti adalah ulangan final Piala Eropa 2012, karena kedua tim sudah mengalami banyak perubahan. Keinginan Italia untuk membalas kekalahan akan membuat laga berjalan sangat menarik.

Pendapat Anda soal Spanyol kali ini?
Saya melihat Spanyol sebagai tim yang memainkan sepak bola indah seperti biasanya, tapi kali ini mereka tampil dengan pemain muda yang baru. Tiga pertandingan di penyisihan grup yang mereka mainkan berjalan fantastis, kecuali di babak kedua saat Spanyol menghadapi Kroasia, yang akhirnya mengakibatkan mereka kalah.

Berdasarkan pengalaman pribadi saat Nigeria menghadapi Spanyol di Piala Dunia 1998, apa perubahan yang terlihat di tim Spanyol dari waktu ke waktu?
Saya bermain bersama Nigeria lawan Spanyol di Piala Dunia Prancis 1998 dan berkarir di Spanyol selama hampir 20 tahun. Penampilan mereka jauh lebih baik sekarang ini. Mereka menang di Piala Eropa 2008 dan 2012, serta Piala Dunia 2010. Spanyol memainkan sepak bola paling atraktif di dunia saat ini.

Saat ini Spanyol tampil tanpa Fernando Torres di Piala Eropa 2016. Adakah efek buat tim? Mengingat Torres sering menjadi penentu kemenangan Spanyol di turnamen besar.
Fernando Torres memang menjadi salah satu pemain penting buat Spanyol. Tapi sekarang, tanpa dia Spanyol tak terpengaruh karena mereka tengah berusaha untuk memasukkan pemain muda baru ke dalam tim.

Tim mana yang jadi favorit Anda di Piala Eropa 2016 dan siapa yang akan menjadi juara?
Spanyol adalah tim favorit saya. Tim yang akan menjadi juara antara Spanyol, Jerman, Prancis dan Italia.

Apa aktivitas Anda sekarang?
Saya menjadi bagian dari komite teknik federasi sepak bola Nigeria. Sesekali saya masih bermain sepak bola dan squash.

Apakah masyarakat Nigeria saat ini antusias mengikuti Piala Eropa dan Copa Amerika?
Tentu. Tapi lebih banyak masyarakat Nigeria yang menyaksikan Piala Eropa karena jam tayangnya yang lebih bersahabat. Jam tayang Copa America di Nigeria adalah di waktu dinihari, sekitar pukul 1. (Hyacintha Bonafacia)

 

 

Video Populer

Foto Populer