Sukses


Outfield Superstar: Refleks Buffon jadi Batu Karang

Bola.com, Paris - Fans Italia yang berada di Stade de France, Saint-Denis, Senin (27/6/2016) atau Selasa (28/6/2016) dini hari WIB, menahan nafas. Mereka melihat waktu pertandingan, tersisa satu menit. Di lapangan, gelandang Spanyol, Lucas Vazquez siap mengeksekusi tendangan bebas.

Saat wasit asal Turki, Cuneyt Çakır meniup peluit, Vazquez mengirim umpan ke area penalti Italia. Tujuannya satu, yakni membuat kemelut di depan gawang Gli Azzurri. Target tercapai, dan Gerard Pique mendapatkan bola. Sesaat nafas ribuan tifosi di stadion, juga jutaan yang menonton di layar televisi, tertahan.

Pique menggunakan kaki kanan untuk menendang si kulit bundar. Keras, namun tak sampai 2 detik, fans Italia bersorak. Tembakan bek Barcelona tersebut tak menggetarakan jala Italia. Itu berarti armada Antonio Conte tetap unggul 1-0.

Klik di sini untuk mengikuti laporan langsung Bola.com dari Prancis

Semua itu berkat refleks hebat kiper Gianluigi Buffon. "Apa jadinya jika tak ada Buffon di sana, bisa saja pertandingan akan berlanjut dengan perpanjangan waktu, juga bisa saja adu penalti, dan itu akan membuat nafas kami semakin sering tertahan," tulis seorang tifosi Italia, di akun sosial media miliknya.

Kalimat tersebut seolah mewakili apa yang ada di kepala pendukung Italia. Maklum, beberapa waktu kemudian, Italia menggandakan keunggulan melalui sepakan Graziano Pelle. Sebelumnya, Giorgio Chiellini membuka gol pada menit ke-33.

Apa yang dilkakukan Buffon semakin menegaskan dirinya memiliki kemampuan yang tak mengendur meski sudah berusia 38 tahun. Justru sebaliknya, faktor pengalaman membuat kiper Juventus tersebut menjadi batu karang yang sudah ditembus para pemain Spanyol, pada laga 16 Besar Piala Eropa tersebut.

Total, Buffon melakukan lima penyelamatan gemilang, yang membuat gawangnya lepas dari ancaman para pemain Spanyol, seperti Alvaro Morata, David Silva, Andres Iniesta sampai Cesc Fabregas.

"Sekarang, publik bisa melihat kualitas Italia yang sebenarnya. Kami seimbang dari segala sisi. Memang ini baru babak 16 Besar, tapi menang atas Spanyol sangat berarti," ujar Buffon.

Sang pencetak gol pertama, Giorgio Chiellini mengakui peran Buffon masih sangat vital. "Dia memiliki segalanya, dan membuat setiap pemain yang ada di depannya percaya diri. Ketika Anda memiliki kiper hebat, semuanya menjadi lebih tenang dan mudah," tegas bek asal Juventus tersebut.

Sumber: Football Italia

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer