Sukses


Bawa Portugal ke Semi Final, Rui Patricio Dapat Hadiah Istimewa

Bola.com, Marseille - Ricardo Quaresma menjadi penendang terakhir yang membawa Portugal melaju ke babak semi final Piala Eropa 2016. Penggawa lain yang layak mendapat pujian adalah sang penjaga gawang, Rui Patricio.

Pada laga Portugal kontra Polandia di Stade Velodrome, Kamis (30/6/2016) atau Jumat (1/7/2016) dini hari WIB, Patricio menunjukkan dirinya layak berada di posisi utama penjaga gawang. Total, sepanjang 120 menit, ia mampu menahan 5 tendangan yang tepat mengarah ke gawang yang dijaganya.

Puncaknya terjadi saat kiper asal klub Sporting Lisbon tersebut menepis sepakan penalti gelandang Polandia, Jakub Błaszczykowski. Alhasil, Portugal melaju ke babak empat besar setelah unggul 5-3.

Pencapaian Portugal menjadi hadiah istimewa bagi Patricio. Maklum, kiper berusia 28 tahun tersebut mencatat caps ke-50 pada laga perempat final Piala Eropa 2016 tersebut. Sebelum laga, ia sudah menduga Seleccao akan mendapat perlawanan keras.

Ia pun berjanji untuk tampil maksimal dan menggunakan semua pengalamannya untuk meredam pergerakan pasukan Polandia. Kini, apa yang menjadi hasrat Patricio sudah terealisasi.

Koleksi caps ke-50 milik Patricio membuat pemilik nama panjang Rui Pedro dos Santos Patricio tersebut berada di peringkat ke-4 daftar pengoleksi pertandingan terbanyak dari sektor kiper. Ia di bawah tiga kiper senior, yakni Vítor Baía (80), Ricardo (79) dan Manuel Bento (63).

Patricio melakoni debut bersama timnas Portugal pada 17 November 2010. Ia turun pada babak kedua saat Portugal menang 4-0 atas Spanyol. Setelah itu, ia menjadi kiper utama saat Paulo Bento menukangi timnas.

Ia menjadi kekuatan utama pada Euro 2012. Pada gelaran di Polandia-Ukraina tersebut, Patricio kebobolan empat gol dalam lima partai, sebelum kalah di fase semi final.

Sumber: Berbagai sumber

Klik di sini untuk mengikuti laporan langsung Bola.com dari Prancis

Video Populer

Foto Populer