Sukses


Kabar dari Prancis: Nice Paling Indah, Bir Kalahkan Pizza

 

Laporan langsung jurnalis Bola.com, Ary Wibowo dan Vitalis Yogi Trisna, dari Paris, Prancis Piala Eropa 2016 sudah memasuki fase perempat final. Berbagai reaksi, luapan emosi, dan peristiwa dari para pemain, staf pelatih, dan suporter pun terus mengiringi turnamen yang sudah berlangsung sejak 10 Juni tersebut. 

Sejumlah catatan menarik pun tercipta. Salah satunya adalah mengenai aktivitas para pengguna sosial media di seluruh dunia yang bereaksi terhadap berbagai momen di turnamen empat tahunan tersebut. 

salah satu harian di Prancis seperti dikutip Bola.com dari Paris, mengungkapkan, Marseille menjadi kota penyelenggara Piala Eropa 2016 Prancis yang paling di-mention para pengguna sosial media dengan total 30 persen, mengalahkan Paris (16 persen), dan Lille (14 persen). 

Namun, Marseille "terkenal" bukan hanya karena keindahan kota, melainkan juga lantaran sering terjadi insiden keributan antar suporter dan petugas keamanan selama turnamen berlangsung. Hal itu terlihat dari komentar negatif dari pengguna sosial media sebesar 55 persen. 

Kota yang paling populer adalah Nice, yang mengumpulkan 86 persen komentar positif. Paris dan Bordeaux juga masuk ke dalam daftar menjadi kota paling sering difoto para pengguna sosial media dengan total 5300 jepretan dan tersebar sebanyak 80 persen di Instagram.

Para suporter Wales merayakan keberhasilan negaranya menaklukan Irlandia Utara pada babak 16 besar Piala Eropa 2016 di Fan Zone Kota Paris, Prancis, Sabtu (25/6/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sementara itu, bir menjadi ketegori "makanan" yang paling sering disebut dengan total 18.000 mention, sedangkan pizza berada di urutan kedua (4900). Melabungnya "bir", menurut Pierre, berkaitan dengan budaya suporter asal Britania Raya serta salah satu ofisial partner Piala Eropa. 

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer