Sukses


Deschamps Semringah Prancis Putus Dominasi 58 Tahun dari Jerman

Bola.com, Marseille - Timnas Prancis berhasil mematahkan dominasi 58 tahun milik Jerman di turnamen resmi. Keberhasilan ini disambut bahagia oleh pelatih Didier Deschamps.

Dua gol Antoine Griezmann (45+2' dan 72') membuat Prancis meraih kemenangan 2-0 pada laga semifinal Piala Eropa 2016 melawan Jerman, Kamis (7/7/2016) atau Jumat dini hari WIB. Kemenangan tersebut menjadi yang perdana bagi Les Bleus atas Der Panzer dalam lima dasawarsa lebih terakhir pada ajang turnamen resmi.

Terakhir kali Prancis mampu mengalahkan Jerman pada turnamen resmi yakni di Piala Dunia 1958. Ketika itu, Prancis menang dengan skor 6-3 melawan Jerman yang masih memakai nama Jerman Barat.

Setelah itu, Prancis selalu kalah jika berjumpa Jerman di turnamen resmi. Namun, secara akumulatif kemenangan di Piala Eropa 2016 memperpanjang catatan kemenangan Prancis atas Jerman yakni 13 kemenangan dari 28 pertemuan di berbagai ajang.

"Kami sudah menulis sejarah baru. Sudah sangat lama terakhir kali kami mengalahkan Jerman di turnamen resmi, tetapi itu tak berarti apa-apa hari ini. Yang penting kami sukses melaju ke final dengan trofi yang untuk diperebutkan," kata Deschamps.

"Saya sangat senang dengan penampilan para pemain kami. Itu merupakan laga sulit melawan tim yang membuat kami menderita sepanjang laga. Tetapi, ketika Anda melihat gairah dan semangat di lapangan, tim ini memiliki segalanya yang dibutuhkan untuk dibanggakan," ucap pelatih berusia 47 tahun itu.

Deschamps juga menatap percaya diri laga melawan Portugal di final Piala Eropa 2016, Minggu (10/7/2016) atau Senin dini hari WIB. Menurut dia, Prancis akan tampil habis-habisan untuk meraih trofi kasta tertinggi untuk level negara di Eropa itu.

"Kami memiliki tiga hari sebelum final dan itu merupakan waktu yang singkat. Kami akan melakukan segalanya untuk bermain pada hari Minggu dalam kondisi terbaik," ujar Deschamps.

Final nanti menjadi edisi ketiga bagi timnas Prancis. Tercatat, negara Napoleon Bonaparte itu sebelumnya berhasil meraih dua gelar juara pada Piala Eropa edisi 1984 dan 2000. Sementara itu, prestasi terbaik Portugal adalah menjadi runner-up edisi 2004.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer