Sukses


6 Fakta Unik Keberhasilan Prancis Tembus Final Piala Eropa 2016

Bola.com, Jakarta - Timnas Prancis melangkah ke final Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 pada partai semifinal, Kamis (7/7/2016). Berikut berbagai data dan fakta menarik yang berhasil terjaring seusai pertandingan itu.

Bermain di Stade Velodrome, Marseille, penyerang Antoine Griezmann menjadi pahlawan kemenangan Prancis pada pertandingan ini. Pemain asal klub Atletico Madrid itu menciptakan sepasang gol untuk Les Bleus.

Gol pertama Griezmann lahir pada menit ke-47 melalui titik putih. Penalti itu diberikan wasit setelah kapten Jerman, Bastian Schweinsteiger, menyentuh bola di kotak terlarang. Adapun, gol keduanya tercipta melalui tembakan kaki kiri dari jarak dekat.

UEFA melansir, timnas Prancis memiliki 65 persen penguasaan bola. Total, Les Bleus melepaskan 637 umpan dengan tingkat akurasi mencapai 90 persen. Tim Ayam Jantan menciptakan 11 peluang. Di sisi lain, Jerman 12 kali mengancam gawang tim Ayam Jantan.

Lawan Prancis pada partai final Piala Eropa 2016 adalah Portugal. Selecao Eropa lolos ke final setelah mengalahkan Wales dengan skor 2-0, Rabu (7/7/2016). Partai pamungkas akan berlangsung di Stade de France, Saint-Denis, (10/7/2016).

Catatan Menarik:

1. Kapten Jerman, Bastian Schweinsteiger, mencatatkan partai ke-38 pada ajang Piala Eropa. Dia menjadi pemain yang paling banyak tampil di sepanjang sejarah Piala Eropa.

2. Timnas Prancis untuk pertama kalinya menggunakan susunan pemain yang sama dalam dua pertandingan beruntun.

3. Timnas Prancis empat kali mengalahkan Jerman saat berstatus sebagai juara bertahan Piala Dunia: 3-1 (1954), 6-3 (1958), 1-0 (1977), dan 2-0 (2015).

4. Penyerang Prancis, Antoine Griezmann, berhasil menyamai rekor milik Thierry Henry dengan mencetak enam gol pada ajang Piala Eropa. Griezmann berhasil melampaui rekor Zinedine Zidane yang menciptakan 5 gol pada Piala Eropa.

5. Prancis menjadi tuan rumah pertama yang mampu dua kali menembus final Piala Eropa. Sebelumnya, mereka menembus final pada tahun 1984.

6. Portugal, yang menjadi lawan Prancis di final, tak pernah menang dalam 10 pertandingan internasional terakhir melawan Les BLeus.

Sumber: Opta Joe

 

Video Populer

Foto Populer