Sukses


5 Pemain Pengganti Ini Berhasil Cetak Gol di Final Piala Eropa

Bola.com, Jakarta Timnas Portugal berhasil meraih gelar juara [Piala Eropa 2016](2549603 "Piala Eropa 2016") setelah mengalahkan Prancis pada partai final, Minggu (10/7/2016). Eder tampil sebagai pahlawan kemenangan Selecao Eropa pada pertandingan ini.

Bertarung di Stade de France, Saint-Denis, Portugal harus menelan pil pahit pada awal pertandingan. Kapten sekaligus megabintang mereka, Cristiano Ronaldo, mengalami cedera lutut pada menit ketujuh usai mendapatkan hantaman dari Dimitri Payet.

Ronaldo memang sempat melanjutkan pertandingan hingga menit ke-25. Namun, pemain asal klub Real Madrid itu akhirnya harus ditandu ke luar lapangan sambil menangis.

Tanpa kehadiran Ronaldo, Eder tampil sebagai pahlawan baru Portugal. Dia masuk menggantikan Renato Sanches pada menit ke-79. Pada menit ke-109, pemain berusia 28 tahun itu melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti yang bersarang di pojok kiri gawang Prancis.

Ini menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan final Piala Eropa 2016. Portugal berhasil mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya menjadi juara turnamen kasta tertinggi untuk level negara di Eropa itu.

Bagi Eder, ini menandai gol keempatnya bersama timnas Portugal dari 29 pertandingan. Pemain asal klub Lille itu pertama kali memperkuat Selecao Eropa pada laga melawan Luksemburg pada tahun 2012. Berikut, berbagai pemain cadangan yang mampu menciptakan gol di final Piala Eropa.


1. Olivier Bierhoff

Para pemain cadangan yang mencetak gol di final Piala Eropa. (AFP)

Bierhoff adalah legenda Jerman yang bermain di partai final Piala Eropa 1996 menghadapai Republik Ceska. Pada partai tersebut, Bierhoff menggantikan Mehmet Scholl pada menit 69.

Bierhoff berhasil membuat kedudukan imbang 1-1 hingga waktu normal. Pada babak tambahan, Bierhoff sukses mencetak gol keduanya pada menit ke-95 dan membawa tim Panser meraih kemenangan lewat peraturan gol emas.

2. Sylvain Wiltord

Pemain pengganti yang menciptakan gol di final Piala Eropa. (AFP)

Wiltord, yang bermain di posisi gelandang sayap di Piala Eropa 2000 berlangsung, adalah pencetak gol timnas Prancis pada saat berhadapan dengan Italia di partai final yang diadakan di Rotterdam Stadium, Belanda.
Proses terciptanya gol yang terjadi pada menit ke-90 tersebut cukup unik. Wiltord menerima umpan dari kiper Prancis Fabien Barthez melalui tembakan gawang. Dia kemudian melepaskan tembakan kaki kanan dari sisi kiri kotak penalti Italia.

3. David Trezeguet

Pemain pengganti yang mencetak gol di final Piala Eropa 2016. (AFP)

Trezeguet juga turut andil dan membuat sejarahnya sendiri saat Prancis menang atas Italia pada Piala Eropa 2000. Masuk sebagai pemain pengganti, dia dan Wiltord mencetak dua gol kemenangan Prancis pada laga melawan Italia.

Trezeguet mencetak golnya tersebut pada menit ke-103 dan mmebawa Prancis juara dengan sistem golden goal. Ini menjadi partai final pertama di mana dua gol berhasil dicetak oleh pemain pengganti.

4. Fernando Torres

Para pemain pengganti yang mencetal gol di final Piala Eropa. (AFP)

Bersama Juan Mata, keberhasilan Torres dan 3 pemain lainnya dalam mencetak 4 gol ke gawang Italia pada Euro 2012 mengukuhkan tiki taka sebagai gaya sepakbola yang unggul di benua biru tersebut.

Torres masuk pada menit 75 menggantikan Cesc Fabregas, dan berhasil mencetak gol pada menit ke 84 setelah menerima operan dari Xavi yang mengambil keuntungan dari lengahnya Andrea Pirlo saat menjaga bola. Gol ini sekaligus menjadikannya menjadi pemain pertama yang mencetak gol di dua laga final Piala Eropa berturut-turut.

5. Juan Mata

Pemain cadangan yang mencetak gol di final Piala Eropa. (AFP)

Juan Mata juga berkontribusi pada kemenangan Spanyol 4-1 atas Italia pada final Euro 2012 sebagai pemain pengganti. Mata masuk ke lapangan pada menit pada menit ke 87 menggantikan Andres Iniesta, yang kemudian menjadi Man of the Match di laga yang ditonton 63.000 penonton tersebut di Olympic Stadium, Kiev, Ukraina. Gol yang dicetak pada menit 88 tersebut memanfaatkan umpan satu dua dengan Torres di kotak penalti Italia.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer