Sukses


Piala Eropa 2016 Cetak Rekor Interaksi Dunia Maya

Bola.com, Paris - Gelaran Piala Eropa 2016 mencetak rekor di dunia maya. Perhelatan di Prancis tersebut berhasil membuat 300 juta kunjungan dan 1,5 miliar impresi terhadap laman situs resmi turnamen, yakni EURO2016.com.

Seperti dirilis UEFA, Kamis (14/7/2016), seluruh trafik tersebut terjadi pada periode 9 Juni 2016 sampai sehari usai babak final. Angka akumulasi tersebut nyaris empat kali lipat dibanding apa yang terjadi empat tahun silam pada Polandia-Ukraina 2012.

Versi desktop dan mobile menjadi medium paling menarik audiens, dengan mencatat angka 140 juta visitor, dengan dominasi tertinggi pada kanal 'MatchCentre'. Tak hanya itu, versi aplikasi juga mampu mencatat performa tersendiri.

Sepanjang turnamen, total 13,5 juta pengguna melakukan download, plus menarik 16 juta visitor. Aplikasi resmi Euro 2016 menjadi daya tarik karena berisi seluruh informasi yang dibutuhkan fans, baik yang melakukan perjalanan ke Prancis, maupun sekadar bermain sepak bola fantasi yang bertajuk McDonalds Fantasy Football and Hyundai Predictor.

Beberapa momen juga menjadi penyumbang trafik tinggi. Prestasi Wales yang mampu mencapai babak semifinal membuat pengguna dari kawasan Britania Raya, melonjak drastis. Tercatat 15 persen dari keseluruhan trafik berasal dari area tersebut. Penyumbang terbanyak berikutnya datang dari user di Prancis, Jerman, AS, Spanyol, Italia dan Kanada.

Interaksi akibat Euro 2016 juga terjadi di wilayah media sosial. Produksi dari tim UEFA mampu menarik 3 miliar pengunjung Facebook, Instagram dan Twitter. Channel khusus UEFA juga mendapat fans 15 juta pengguna, dengan total 70 juta proses interaksi.

Khusus interaksi di Facebook, di luar konten dari UEFA, terdapat 195 juta pengguna dengan 950 juga interaksi sepanjang turnamen berlangsung. Lebih dari 45 juta pengguna melakukan interaksi 'perbincangan' di laman Facebook usai Portugal menaklukkan Prancis pada laga final. Total, ada 146 juta reaksi, share dan komentar.

Keberhasilan UEFA ditunjang dengan beberapa inovasi. Beberapa yang mendulang atensi antara lain live streaming sesi latihan dengan menggunakan saluran Facebook, lalu foto 360 derajad, video, dan animasi khusus bertema kartun dengan ragam reaksi.

Ketua Panitia Penyelenggara Euro 2016, Jacques Lambert mengaku gembira dengan seluruh interaksi fans. "Ajang Piala Eropa 2016 adalah pesta bagi seluruh penggemar sepak bola di seluruh dunia. Saya senang dengan interaksi yang terjadi, dan gembira apa yang kami berikan via dunia digital," sebutnya.

Sumber: UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer