Sukses


Kosovo Rayakan Hasil Imbang Lawan Finlandia Bak Juara Dunia

 

Bola.com, Pristina - Tim nasional Kosovo membuat kejutan pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 setelah bermain 1-1 melawan Finlandia, Senin atau Selasa (6/9/2016) dini hari WIB. Hasil tersebut pun dirayakan masyarakat Kosovo bak usai meraih gelar juara dunia.

Perayaan tersebut memang terasa wajar karena Kosovo berhasil meraih poin perdana mereka pada ajang kualifikasi resmi. Seperti diketahui, negara berpenduduk 1,8 juta jiwa itu baru secara resmi diakui oleh FIFA pada Mei 2016.

Bertandang ke markas Finlandia di Veritas Stadion, Kosovo sebenarnya tertinggal lebih dahulu setelah Paulus Arajuuri mencetak gol pada menit ke-18. Namun, Valon Berisha akhirnya menjadi penyelamat tim setelah sukses mengeksekusi tendangan penalti pada menit ke-60.

Gol tersebut pun langsung dirayakan ratusan ribu masyarakat Kosovo yang berkumpul di alun-alun ibu kota Pristina. Meski ketika itu cuaca dikabarkan sedang hujan, mereka tetap merayakan hasil tersebut dengan suka cita.

"Tim Kosovo memberikan saya kebahagiaan yang spesial. Mungkin itu terjadi karena ini adalah pertama kalinya kami bermain sebagai negara baru yang memiliki kesempatan untuk bersaing di sepak bola internasional," kata Donjeta Hoxha kepada BIRN.

Kosovo merupakan negara di kawasan Balkan yang memisahkan diri dari Serbia pada 2008. Namun, setelah mendapatkan keanggotaan dari FIFA, pertandingan melawan Finlandia menjadi laga kualifikasi perdana bagi mereka.

Federasi Sepak Bola Dunia itu juga mengizinkan para pemain yang terlanjur membela negara lain untuk memperkuat Kosovo. Setidaknya ada enam nama pemain yang sebelumnya sudah mencatatkan penampilan bersama negara lain.

Mereka adalah Amir Rrahrmani (1 kali memperkuat Albania), Valon Bersiha (19 kali-Norwegia), Iban Meha (tujuh kali-Albania), Herolind Shala (lima kali-Albania), Milot Rashica (dua kali-Albania), dan Samir Ujkani (20 kali-Albania).

Banyaknya pemain kelahiran Kosovo yang memperkuat Albania dirasa wajar mengingat kedua negara tersebut bertetangga. Namun, Vlora Nikci, seorang aktris dari Kosovo, tak mempermasalahkan jika ada pemain pribumi yang lebih memilih tampil untuk Albania.

"Saya menyukai fakta ada pemain asal Gjakova (Kosovo) yang bermain dengan seseorang dari Tirana (Albania). Itu menandakan persatuan," ujarnya. 

Sumber: Balkan Insight

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer