Sukses


Ronaldinho Segera Gantung Sepatu

Bola.com, Barcelona Mantan pemain terbaik dunia, Ronaldinho, berencana untuk pensiun dari dunia sepak bola pada akhir musim ini. Ronaldinho mengakui masa-masa emasnya ketika masih membela Barcelona sudah usai.

"Saat ini, saya sudah tua. Usia saya telah mencapai 36 tahun. Saya tidak lagi ketika masih berumur 26 tahun, dan saya telah merencanakan apa yang bisa dilakukan untuk menandai mengakhiri karier saya," ujar Ronaldinho.

Pemain bernama lengkap Ronaldo de Assís Moreira ini mulai meniti karier profesional bersama klub Brasil, Gremio. Ronaldinho kemudian dibeli Paris Saint-Germain pada musim 2001-2002.

Bersama PSG, karier Ronaldinho semakin meningkat. Dua musim berselang, Barcelona yang saat itu tengah membangun kekuatan baru, berhasil mendatangkan talenta emas Brasil itu dengan banderol 32,25 juta euro (Rp 472 miliar).

Di klub Catalan tersebut, sinar pemain kelahiran Porto Alegre ini semakin bersinar. Ia berhasil mempersembahkan lima gelar bagi Blaugrana termasuk satu trofi Liga Champions musim 2005-2006.

Atas prestasinya tersebut, Ronaldinho mendapat penghargaan FIFA Ballon d'Or dalam dua tahun berturut-turut yakni pada 2004 dan 2005. Ia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik Eropa 2005.

Selepas berbagai raihan prestasi yang ditorehkannya tersebut, secara perlahan Ronaldinho mengalami kemunduran performa yang membuatnya didepak dari Barca pada musim 2008-2009.

Setelah itu, Ronaldinho sempat ditampung AC Milan sebelum akhirnya terbuang ke klub luar Eropa, seperti Flamengo, Atletico Miniero, Queretaro, Fluminense, dan Cienciano.

Sumber: Squawka

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

6 Kiper Terbaik Era 90an, Manchester United Sumbang Dua Nama

Video Populer

Foto Populer