Sukses


Usia 36 Tahun, Pemain Ini Cetak 5 Gol dalam Satu Pertandingan

Bola.com, Guatemala City - Gelaran Kualifikasi Piala Dunia 2018 yang berlangsung sepanjang pekan kemarin, menghadirkan beberapa catatan menarik. Satu yang mungkin lepas dari 'radar' pengamat adalah prestasi menawan Carlos Ruiz.

Sosok pemain berposisi striker ini mungkin tak terlalu 'membahana' di dunia, tapi tidak bagi penggila bola di Guatemala. Sang bomber kembali menuai pujian setelah berhasil mencetak lima gol. Lebih menjadi magnet, ia melakukan itu saat berusia 36 tahun dan 355 hari.

Pesepak bola, yang pada 15 September mendatang tepat berusia 37 tahun tersebut, menjadi bintang lapangan di Estadio Mateo Flores, Guatemala City. Ruiz mencetak lima gol kala negaranya melibas St. Vincent&the Grenadines dengan skor 9-3.

Ruiz merobek jala lawan pada menit ke-19, 27', 37', 58' dan 60'. Empat gol lain lahir dari aksi Gerson Tinoco (13'), Jairo Arreola (56'), Rafael Morales (79') dan Jean Marquez (83'). Sedangkan tim tamu sempat membalas via Oalex Anderson (11', 30') serta Nazir Mcburnette (90').

Torehan lima gol membuat Carlos Ruiz berstatus top skorer sementara Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Concacaf. Ia unggul tiga gol dari bomber Amerika Serikat, Jozy Altidore. "Dia sangat spesial dan selalu punya energi untuk memberikan yang terbaik di lapangan. Faktor pengalaman memberikan banyak benefit, dan dia sudah menunjukkan itu," sebut Walter Claverí, Pelatih Guatemala, di situs resmi federasi sepak bola negara tersebut.

Sosok Ruiz, yang memiliki julukan 'Sang Ikan', memulai karier dengan bergabung bareng akademi junior CSD Municipal. Setelah berprestasi bagus di liga domestik, ia sempat berpetualang bersama 5 klub Major League Soccer (MLS), yakni Los Angeles Galaxy, FC Dallas, Toronto FC, Philadelphia Union dan D.C. United).

Selama di negeri Paman Sama, ia mencetak 87 gol dalam 168 partai di pentas liga reguler. Ruiz juga mengoleksi 16 gol pada laga play-off, dan menjadi rekor sepanjang masa dalam sejarah MLS. Pada 2002, ia terpilih menjadi Pemain Terbaik MLS.

Kala berkostum timnas Guatemala, ia tampil produktif. Total, sudah 68 gol dalam 132 pertandingan, yang membuatnya berstatus top skorer sepanjang masa. Gol perdana Ruiz bagi negaranya lahir kala bersua El Salvador pada 19 Maret 1999 di ajang UNCAF Nations Cup.

Sumber: fedefutguate.com

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer