Sukses


Piala Dunia Futsal 2016: Kolombia Ancam Sang Juara Bertahan

Bola.com, Cali - Putaran final Piala Dunia Futsal 2016 bakal menghadirkan rangkaian pertandingan menarik dan ketat. Ambisi tuan rumah beradu dengan kemapanan Brasil, juga harapan tinggi Spanyol.

Seperti dirilis O Globo, Jumat (9/9/2016), Pelatih timnas futsal Kolombia, Arney Fonnegra menyatakan optimis timnya bisa melaju ke babak final, dan menjadi juara di rumah sendiri. Ia mengaku belajar dari apa yang dialami pada empat tahun silam di Thailand.

Saat itu Kolombia gagal melangkah ke babak final Piala Dunia Futsal 2012, setelah takluk dari Brasil. Pada babak semi final, Kolombia kalah 1-3. Tiga gol Brasil lahir melalui aksi Gabriel pada menit ke-17 dan 28, serta gol bunuh diri Toro pada menit ke-29. Sebelumnya, Toro sempat membuat negaranya unggul pada menit ke-19.

Brasil meraih trofi juara dunia futsal setelah menekuk Spanyol, di Hua Mark Indoor, Bangkok, dengan skor 3-2. Trigol Brasil lahir pada menit ke-25 dan 50' via Neto, dan sumbangan satu gol dari Falcao pada menit ke-37. Sedangkan La Furia Roja merobek jala lawan melalui Torras (30') dan Aicardo, semenit berselang.

Kini Kolombia memiliki kekuatan berimbang. Fonnegra mengungkapkan, dirinya hanya tinggal menambahkan beberapa pemain baru. Beberapa nama yang bakal diandalkan tuan rumah antara lain gelandang Javier Ortiz, Gildardo Zuniga, Jhonatan Toro, Daniel Bolivar dan Christian Otero.

Tantangan tersebut mendapat jawaban dari kubu Brasil. "Saya tak ingin jemawa, tapi kualitas pemainku setara dengan apa yang kami miliki empat tahun lalu di Thailand. Jadi, saya pikir kami bisa mengulangi catatan manis tersebut," tegas Sergio, Pelatih Tim Samba.

Selain Falcao, beberapa nama lain menjadi andalan Sergi. Sosok berperan pivot, Dieguinho, lalu Rafael Rato, Xuxa, Fernandinho, Bateria dan pemain bertahan, Rodrigo.

Sedangkan runner-up empat tahun lalu, Spanyol mengaku ingin berjuang maksimal menyempurnakan catatan di Thailand. Pelatih La Roja, Venancio Lopez menegaskan, timnya akan tampil mengejutkan.

"Beberapa model sudah kami coba, dan itu berlatar dari beberapa pertandingan uji coba di Kolombia. Artinya, kami akan tampil menggigit dan mengejutkan," tegas Lopez.

Berikut ini pembagian grup Piala Dunia Futsal 2016:

Grup A: Kolombia, Portugal, Uzbekistan, Panama

Grup B: Thailand, Rusia, Kuba, Mesir

Grup C: Paraguay, Italia, Vietnam, Guatemala

Grup D: Ukraina, Brasil, Mozambik, Australia

Grup E: Argentina, Kazakhstan, Kep. Solomon, Kosta Rika

Grup F: Iran, Spanyol, Maroko, Azerbaijan

Sumber: FIFA, O Globo

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer