Sukses


Stadion Wembley Jadi Tuan Rumah Final Piala Eropa 2020

Bola.com, London - Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) resmi meluncurkan Piala Eropa 2020 di London, Rabu (21/9/2016) sore waktu setempat. London tak hanya menjadi tempat peluncuran, namun juga menggelar laga semifinal serta final Piala Eropa di Stadion Wembley.

Perhelatan Piala Eropa 2020 akan berbeda dari biasanya. Nantinya bakal ada 13 kota di 13 negara yang menjadi tuan rumah. Hal tersebut sebagai perayaan 60 tahun Piala Eropa sejak pertama kali digelar pada 1960. 

Ke-13 kota tersebut adalah Baku (Azerbaijan), Munchen (Jerman), Roma (Italia), Saint Petersburg (Rusia), Amsterdam (Belanda), Bilbao (Spanyol), Brussels (Belgia), Bucharest (Rumania), Copenhagen (Denmark), Dublin (Republik Irlandia), Glasgow (Skotlandia), dan tentu saja London (Inggris).

Meski dihelat di-13 negara berbeda, tuan rumah tak secara otomatis lolos ke putaran final. Tiap-tiap negara di Eropa harus berjuang melalui babak kualifikasi untuk mengamankan tiket putaran final Piala Eropa 2020.

Seperti dilansir situs resmi UEFA, format kompetisi masih sama seperti pada Piala Eropa 2016 yang diikuti oleh 24 negara. Nantinya, dua tim teratas yang terbagi ke dalam 10 grup pada fase kualifikasi akan lolos ke putaran final.

Sementara itu, empat tempat tersisa bakal diperebutkan oleh negara-negara yang bertanding pada playoff yang diberi nama UEFA Nations League. Laga kualifikasi digelar dari Maret hingga November 2019, sedangkan playoff dihelat pada Maret 2020.

Laga semifinal serta final Piala Eropa 2020 akan berlangsung di Stadion Wembley, London. Namun masih belum diketahui jadwal pertandingan putaran final, termasuk partai semifinal dan final. 

"Sebuah kebanggan bisa membawa Piala Eropa 2020 berlaga di begitu banyak negara dan kota, sebagai perwakilan sepak bola untuk menjembatani antara negara-negara, dan untuk membawa kompetisi lebih dekat dengan fans, yang adalah sumber penting dari permainan," kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, saat meluncurkan logo Piala Eropa 2020 di London.

Selepas Kota London, UEFA juga akan meluncurkan logo Piala Eropa 2020 di 12 kota lainnya dalam 13 hari ke depan. Kota Roma bakal menjadi tujuan berikutnya.

Berikut ini pembagian 13 kota tuan rumah Piala Eropa 2020:
Final dan semi-final
London, Inggris: Stadion Wembley

Tiga pertandingan fase grup, satu pertandingan perempat final:
Baku, Azerbaijan: Olimpiya Stadionu
Munich, Jerman: Fusball Arena Munchen
Roma, Italia: Stadion Olimpico
Saint Petersburg, Rusia: Krestovsky Stadium

Tiga pertandingan fase grup, satu pertandingan 16 besar:
Amsterdam, Belanda: Amsterdam ArenA
Bilbao, Spanyol: Estadio San Mames
Brussels, Belgia: Eurostadium
Bucharest, Rumania: Arena Nationala
Budapest, Hongaria: Puskas Ferenc Stadion
Copenhagen, Denmark: Parken Stadium
Dublin, Republik Irlandia: Dublin Arena
Glasgow, Skotlandia: Hampden Park

Sumber: UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer