Sukses


Galano Bantah Wasit, Italia Buka Sejarah Kartu Hijau

Bola.com, Chiavari - Sejarah tercipta di Italia ketika penyerang klub Serie B, Vicenza, Cristian Galano, mendapat kartu hijau setelah dinilai berperilaku sportif saat timnya menghadapi Virtus Entella, di Stadio Comunale, Chiavari Sabtu (1/10/2016). 

Kartu hijau sudah digunakan sejak Januari lalu di Serie B Italia. Hanya saja, Galano menjadi pemain pertama yang berhasil mendapatkan apresiasi itu. Adapun kartu hijau digunakan untuk meningkatkan fair-play selama pertandingan. 

Pengurus Serie B Italia akan mengumumkan siapa saja pemain-pemain yang mendapat kartu hijau tersebut setiap akhir bulan. Nantinya, pada akhir musim, pemain yang paling banyak mengoleksi kartu itu akan mendapat penghargaan khusus. 

Momen Galano mendapat kartu hijau tercipta pada babak kedua. Galano secara sportif membuat wasit "sadar" telah salah mengeluarkan keputusan memberikan Vicenza tendangan pojok karena bola tidak menyentuh pemain Virtus Entella. 

Setelah melihat inisiatif Galano itu, wasit pun mengubah keputusannya dengan memberikan tim tuan rumah tendangan gawang. 

Presiden Serie B, Andrea Abodi, mengatakan, selain meningkatkan fair play, kartu hijau juga digunakan untuk mempromosikan kasta kedua Liga Italia. Sebab, sebelumnya, kompetisi tersebut pernah tercoreng dengan berbagai skandal pengaturan skor. 

Ini penghargaan simbolik. Ini bisa menjadi hal yang sangat sederhana. Hal terpenting adalah untuk mengenal ketika ada seorang pesepak bola profesional memberikan contoh. Menurut saya, sepak bola butuh pesan positif seperti ini," kata Abodi. 

Sumber: The Sun

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer