Sukses


Menghitung Peluang 4 Tim Besar di Liga Europa

Bola.com - Kompetisi Liga Europa memasuki matchday kelima pada Kamis (24/11/2016) waktu setempat. Para tim besar seperti Manchester United, Athletic Bilbao, AS Roma dan Inter Milan, masih akan berjuang lolos ke babak 32 besar.

Meski berstatus sebagai tim mapan, tidak membuat para klub tersebut mudah melenggang ke fase selanjutnya. Sebab, dari total 32 tiket yang tersedia, baru ada empat tim yang memastikan diri ke babak 32 besar, yakni Zenit St Petersburg, Shakhtar Donetsk, Ajax Amsterdam, serta Schalke 04.

Lantas, masih ada 28 tiket lagi yang diperebutkan dari total dua matchday tersisa. Alhasil, siapa yang bakal tersenyum pada matchday kelima kali ini?

Berikut ini adalah ulasan mengenai peluang dari empat tim besar di Liga Europa, yang dirangkum Bola.com.

Manchester United

Saat ini, skuad asuhan Jose Mourinho berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A dengan koleksi enam poin. Mereka hanya tertinggal masing-masing satu poin dari Fenerbache di urutan kedua, serta Feyenoord yang menempati tempat teratas.

Peluang United untuk lolos ke babak selanjutnya tidaklah terlalu sulit. Sebab, Wayne Rooney dkk tidak perlu menggantungkan nasib kepada tim lainnya. Mereka hanya perlu meraih kemenangan ketika menjamu Feyenoord di Stadion Old Trafford, Kamis (24/11/2016) waktu setempat.

Jika hal itu terjadi, maka secara otomatis skuad Setan Merah akan menggeser posisi Feyenoord dari urutan pertama klasemen. Sebab, The Red Devils mengoleksi sembilan poin dari lima laga. Pada matchday terakhir pun, Feyenoord juga akan bersua kandidat peraih tiket lainnya, Fenerbache.

AS Roma

Pada klasemen sementara Grup E, AS Roma memimipin dengan koleksi delapan poin. Mereka terpaut tiga poin dari Austria Wien di urutan kedua, serta satu poin dari Astra Giurgiu di tempat ketiga.

Peluang AS Roma untuk lolos ke babak selanjutnya terbilang mudah ketimbang Manchester United. Sebab, tim Serigala Ibukota hanya butuh hasil imbang pada matchday kelima kontra Viktoria Plzen, Kamis (25/11/2016) waktu setempat. Namun dengan catatan, Austira Wien tidak meraup tiga poin ketika berjumpa Astra Giurgiu pada periode yang sama.

Namun, jika Austira Wien bisa meraih kemenangan dalam laga itu, maka Roma harus mengklaim tiga poin pada matchday pamungkas kontra Astra Giurgiu pada 9 Desember 2016.

Jika semua skenario itu berjalan mulus, maka AS Roma akan membukukan 12 poin sekaligus berstatus jawara Grup C. Skuad asuhan Luciano Spalletti itu akan ditemani Austira Wien yang mengklaim tempat kedua.

Athletic Bilbao

Bilbao sejatinya merupakan finalis Liga Europa musim 2015-2016. Namun, status itu tidak membuat klub asal Spanyol itu mampu mengklaim satu tempat di babak 32 besar.

Sebab, saat ini Bilbao berada di urutan kedua klasemen sementara Grup F dengan koleksi enam poin. Mereka hanya kalah selisih gol dari Genk yang berada di puncak.

Namun, Bilbao secara matematis dapat lolos ke babak selanjutnya jika mampu mencuri tiga poin dari Sassuolo, Jumat (25/11/2016). Lalu, Genk juga meraih hal serupa ketika bersua Rapid Wien pada periode yang sama.

Inter Milan

Dari keempat tim yang diulas dalam artikel ini, hanya Inter Milan yang memiliki peluang terberat untuk menembus babak 32 besar. Sebab, tidak hanya harus menyapu bersih dua matchday sisa dengan kemenangan, mereka juga harus menggantungkan nasib kepada kontestan lainnya.

Saat ini, Inter Milan berstatus sebagai juru kunci klasemen sementara Grup K dengan tiga poin. Mauro Icardi dkk tertinggal satu poin dari Hapoel Beer Sheva, empat dari Southampton dan enam atas Sparta Prague.

Jika semua semua skenario itu berjalan mulus, maka Inter akan berada di urutan kedua klasemen dengan total sembilan poin. Namun dengan catatan, Southampton menelan kekalahan pada dua matchday sisa.

Sumber: UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

  • Inter Milan adalah klub sepak bola dari kota Milan yang bermain di Serie-A Liga Italia
    Inter Milan adalah klub sepak bola dari kota Milan yang bermain di Serie-A Liga Italia
    Inter Milan adalah klub sepak bola dari kota Milan yang bermain di Serie-A Liga Italia

    Inter Milan

  • Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions

    Liga Europa

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • AS Roma adalah sebuah klub asal kota Roma yang bermain di Serie A Italia
    AS Roma adalah sebuah klub asal kota Roma yang bermain di Serie A Italia
    AS Roma adalah sebuah klub asal kota Roma yang bermain di Serie A Italia

    AS Roma

  • Athletic Club atau dikenal dengan nama Athletic Vilbao adalah sebuah klub sepak bola profesional asal Spanyol
    Athletic Club atau dikenal dengan nama Athletic Vilbao adalah sebuah klub sepak bola profesional asal Spanyol
    Athletic Club atau dikenal dengan nama Athletic Vilbao adalah sebuah klub sepak bola profesional asal Spanyol

    Athletic Bilbao

Video Populer

Foto Populer