Sukses


Rekap Kiprah Ajax Amsterdam hingga ke Final Liga Europa

Bola.com — Ajax Amsterdam selangkah lagi akan meraih trofi Liga Europa 2016-2017. Namun, skuat asuhan Peter Bosz tersebut harus lebih dulu menghadapi wakil Inggris, Manchester United, pada pertandingan final, di Stadion Fiends Arena, Rabu atau Kamis (25/5/2017) dini hari WIB. 

Ajax Amsterdam lolos ke partai puncak setelah menyingkirkan Lyon pada babak empat besar dengan agregat 4-5. Meski kalah 1-3 pada pertandingan kedua, Ajax Amsterdam tetap memastikan langkah karena mampu menang 4-1 dalam laga leg pertama, di Amsterdam ArenA. 

Bagi Ajax Amsterdam, pertandingan melawan Manchester United akan menjadi pertemuan kedua. Sebelumnya, kedua klub tersebut pernah saling berhadapan pada 32 besar Liga Europa 2011-2012. Namun, Ajax Amsterdam tersingkir setelah kalah agregat 2-3. 

Kini, apakah Ajax Amsterdam mampu membalaskan kekalahan tersebut. Apalagi, para pemain Ajax Amsterdam juga memiliki motivasi lebih karena turnamen Liga Europa tentunya bakal menjadi pelengkap berbagai gelar yang pernah diraih mantan juara Eropa tersebut. 

Berikut ini adalah rekap perjalanan Ajax Amsterdam hingga mencapai ke final Liga Europa 2016-2017: 

Anomali

Tidak terbendung di kandang, namun melempem di markas lawan. Kiranya itulah performa Ajax Amsterdam selama putaran final Liga Europa 2016-2017. Skuat asuhan Peter Bosz tersebut mampu memenangi tujuh laga dari total tujuh pertandingan kandang mereka. 

Namun, keperkasaan tersebut berbanding terbalik jika Ajax Amsterdam melakoni laga tandang. Dari enam tujuh, Davy Klaassen dan kawan-kawan hanya mampu meraih satu kali kemenangan, dan sisanya berakhir dengan tiga kekalahan dan tiga hasil imbang. 

Total pertandingan Ajax Amsterdam:

Fase grup - Panathinaikos 1-2 Ajax Amsterdam
Fase grup - Ajax Amsterdam 1-0 Standard Liege
Fase Grup - Celta Vigo 2-2 Ajax Amsterdam
Fase grup - Ajax Amsterdam 3-2 Celta Vigo
Fase grup - Ajax Amsterdam 2-0 Panathinaikos
Fase grup -Standard Liege 1-1 Ajax Amsterdam
32 besar - Legia 0-0 Ajax Amsterdam
32 besar - Ajax Amsterdam 1-0 Legia (agregat 1-0)
16 besar - Kobenhavn 2-1 Ajax Amsterdam
16 besar - Ajax Amsterdam 2-1 Kobenhavn (agregat 3-2)
Perempat final - Ajax Amsterdam 2-0 Schalke
Perempat final - Schalke 3-2 Ajax Amsterdam (babak tambahan, agregat 3-2)
Semifinal - Ajax Amsterdam 4-1 Lyon
Semifinal - Lyon 3-1 Ajax Amsterdam (agregat 4-5)

2 dari 3 halaman

Horor Schalke

Salah satu partai menentukan Ajax Amsterdam terjadi pada pertandingan leg kedua perempat final melawan Schalke. Ajax Amsterdam harus melakoni babak tambahan setelah tertinggal 0-2 hingga 90 menit. Agregat 2-2 karena pada leg pertama, Ajax menang 2-0. 

Pada babak tambahan, suporter Ajax Amsterdam terdiam setelah Daniel Caligiuri mencetak gol untuk mengantarkan Schalke unggul 3-0 pada menit ke-101. Namun, dalam kurun waktu 10 menit, Ajax Amsterdam mampu mencetak dua gol melalui kreasi Nick Viergever pada menit ke-111 dan Amin Younes (120). 

3 dari 3 halaman

Davy Klaassen

Saat ini, Ajax Amsterdam dihuni pemain-pemain muda potensial. Salah satu pemain yang paling menonjol adalah Davy Klaassen, yang berstatus sebagai kapten, meski masih berusia 24 tahun. 

Davy Klaassen merupakan produk asli akademi Ajax Amsterdam. Pada musim ini, sang pemain telah mencetak 20 gol dan 12 assist dari 49 pertandingan. Di ajang Liga Europa, Davy Klaassen mencetak dua gol dan dua assist dari 12 laga. Berkat performa impresif ini, ia pun dikabarkan menjadi incaran klub-klub besar asal Inggris dan Italia. 

Sumber: UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer